Diabetes hingga Kanker, Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Febi Anindya Kirana12 Sep 2019, 15:15 WIB
kulit pisang

Fimela.com, Jakarta Karena kulit pisang terasa sepat, orang akan langsung membuangnya dan mengira bahwa kulit pisang tak bisa dimakan. Meski memang tampak tidak berguna, tapi ternyata kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa dimanfaatkan tubuh.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Applied Biochemistry and Biotechnology menemukan bahwa kulit pisang mengandung banyak antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Jika dikonsumsi, kedua antioksidan kuat ini membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Manfaat Kulit Pisang

pisang
ilustrasi pisang/Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Orang memang tak bisa memakan kulit pisang begitu saja, jadi cara yang bisa dicoba adalah mencuci bagian kulit luarnya dan mencampurkannya ke dalam jus buah. Potong bagian ujung-ujungnya dan tambahkan ke dalam jus buah yang diblender halus.

Bahkan kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, menyembuhkan luka dan mengkilapkan barang-barang berbahan kulit dengan cara menggosokkannya. Tinggal menghaluskan kulit pisang kemudian membubuhkannya pada jerawat agar mengurangi radang, dan pada luka agar darahnya berhenti dan mempercepat penutupan luka.

Jadi, jika ingin memaksimalkan potensi buah pisang, makan juga kulitnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓