Sukses

Lifestyle

Makanan Pedas Bisa Meningkatkan Nafsu Makan, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Makanan dengan cita rasa pedas selalu menarik untuk dinikmati. Makanan dengan cita rasa pedas bisa membuat siapa saja yang menyukai rasa pedas begitu antusias untuk mencobanya.

Ketika mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas, beberapa orang bahkan bisa makan dengan porsi yang banyak. Orang yang suka makan pedas dan mengonsumsi makanan pedas juga akan terlihat sangat lahap saat makan.

Mengenai makanan pedas, apakah benar jika makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan?

Makanan Pedas dan Faktanya

Melansir dari laman hellosehat.com, anggappan mengenai makanan pedas yang bisa meningkatkan nafsu makan atau makan dengan porsi lebih banyak nampaknya belum terbukti kebenarannya. Penelitian yang dilakukan para ahli justru menemukan jika makanan pedas bisa menekan nafsu makan.

Peningkatan nafsu makan saat makan pedas bukan terjadi karena rasa pedas makanan tapi lebih kepada rasa suka seseorang terhadap makanan pedas. Rasa suka terhadap makanan pedas akan membuat seseorang lebih antusias menambah makanannya. Sama halnya dengan orang yang suka makan daging, saat diminta makan daging maka ia bisa tambah lebih banyak atau nafsu makannya meningkat.

Nafsu makan meningkat saat makan pedas bisa juga terjadi karena adanya kepuasan tersendiri setelah makan pedas. Kepuasan inilah yang kemudian memungkinkan seseorang menambah porsi makannya.

Penelitian yang diterbitkan oleh Chemical Senses tahun 2012 menemukan jka makanan pedas bisa mengurangi keinginan seseorang untuk makan makanan dengan rasa manis, asin dan berlemak berlebih. Penelitian lain yang diterbitkan di Journal Appetitie menemukan jika makanan pedas bisa menekan porsi makan karena cepat membuat kenyang.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading