FIMELA FEST 2019: Manfaat Mindfull Parenting Buat Ortu-Anak Chill Out

Novi Nadya12 Sep 2019, 17:30 WIB
Ibu dan Anak

ringkasan

  • Mindful parenting punya lima prinsip dasar yang tak hanya bermanfaat untuk anak, tapi juga orangtua
  • Jika bisa menerapkannya, akan menjadi anugerah karena menciptakan kebahagiaan utama dalam kehidupan
  • Dan yang terpenting, ibu dan anak dijauhkan dari stres karena bisa menghadapi berbagai persoalan dengan santai
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mindful parenting atau mengasuh berkesadaran menjadi salah satu pola asuh yang semakin marak dibahas belakangan ini. Bisa jadi karena orangtua di era digital ditantang untuk tidak menganut azas autopilot.

Sebab ada lima prinsip teropuler dalam menerapkan model mengasuh berkesadaran atau mindful parenting yang diambil berbagai literatur psikologi. Yaitu mendengarkan dan berbicara dengan penuh perhatian, tidak menghakimi diri sendiri dan anak, kesadaran emosional diri sendiri dan anak, pengaturan diri dalam hubungan parenting, dan welas asih untuk diri sendiri dan anak.

Tentu kelima prinsip di atas menjadi PR seumur hidup yang harus dilakukan secara sadar bagi orangtua. Namun jika bisa menjalani mindful parenting, tentu akan menjadi anugerah untuk keduanya, orangtua dan anak.

Sebab akan menghasilkan hubungan yang harmonis antara orangtua dan anak yang menjadi sumber kebahagiaan terpenting dalam kehidupan menurut ilmu pengetahuan. Mindful parenting bisa dimulai dengan memberikan memberikan perhatian penuh yang sesungguhnya, kehadiran, dan mendengarkan dengan seksama sambil mengamati mimik dan gesturnya.

Mindful Parenting Membantu Menghadapi Segala Masalah dengan Kepala Dingin

[Fimela] FimelaHood Mindful Parenting
(Adrian Putra/Fimela.com)

Menurut Psikolog Dr. Donna Rockwell, perhatian penuh membantu kita berhubungan dengan anak dengan lebih baik. Maksimalkan quality time dengan menjauhkan gadget yang memberi pesan jika orangtua meluangkan waktu untuk sepenuhnya jadi milik anak.

Donna Rockwell juga menambahkan jika mempraktikkan kesadaran diri, membantu menumbuhkan korteks prefrontal tengah, bagian dari otak yang mengatur tubuh yang menyelaraskan komunikasi, menciptakan keseimbangan emosional, menenangkan ketakutan, menciptakan empati dan semua karakteristik yang diinginkan orangtua sepanjang hidup anak mereka.

Mindful parenting juga bisa menjadi rem saat orangtua sedang stres karena urusan rumah tangga, pekerjaan untuk tidak diluapkan pada anak. Secara sadar dan otomatis, orangtua akan mengambil waktu untuk chill out sejenak dan memposisikan anak sebagai teman terbaik.

Mindful parenting juga akan membuat anak nantinya lebih tangguh dalam menghadapi kehidupan sosial mereka. Di lingkungan sekolah, intimidasi teman sebaya atau kondisi lainnya.

Melansir dari psychalive.org, anak-anak dapat belajar sejak dini jika tidak apa-apa measakan apa pun yang dirasakan. Tetapi mereka tidak harus bertindak dengan emosi dalam menyelesaikannya, melainkan tetap dengan kepala dingin sambil berpikir rasional.

Untuk memahami lebih dalam tentang mindful parenting, yuk, daftarkan diri kamu di sini dan raih kesempatan untuk menghadiri Fimela Fest 2019

Simak Video Menarik Berikut Ini;

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓