Secara Ilmiah, Ini Alasan Orang Putus Cinta Balikan Lagi dengan Mantannya

Febi Anindya Kirana12 Sep 2019, 19:15 WIB
balikan dengan mantan

ringkasan

  • Merasa mantan dapat berubah
  • rang yang memutuskan tidak bercerai berpikir bahwa ada tanggung jawab besar
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kita pasti pernah mendengar atau mengetahui cerita teman yang balikan lagi dengan mantannya meski sudah putus dengan cara yang menyakitkan. Tentu saja, tidak ada hubungan cinta yang selalu berjalan mulus dan manis, dan putus nyambung itu hal yang biasa. Namun kira-kira apa alaan orang untuk kembali menjalin cinta dengan mantannya?

Ternyata alasannya bisa diteliti secara ilmiah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa ada alasan beragam mengapa orang yang pernah putus kembali pada mantannya, mulai dari rasa optimis bahwa hubungan ini bisa membaik, ikatan emosional yang sudah dibangun, hingga perasaan takut tak menentu mengahadapi masa depan.

Alasan Balikan dengan Mantan

soal pasangan
Menurutmu menikah itu perlu?/Copyright shutterstock.com/g/mentatdgt

Bisa dikatakan, banyak orang merasa 'kesempatan kedua' patut diberikan untuk memperbaiki hubungan, beberapa yang lain merasa tak ingin memulai hubungan dari awal sehingga kembali ke mantan yang sudah dikenalnya sejak lama lebih mudah untuk dilakukan. Sedangkan sebagian orang lainnya meras ainsecure jika tak memiliki pasangan.

Penelitian yang dilakukan di Kansas State University juga menunjukkan bahwa salah satunya yang paling kuat adalah mereka yakin mantannya bisa berubah. Untuk beberapa orang yang memutuskan tidak bercerai berpikir bahwa ada tanggung jawab besar jika mereka memutuskan bercerai, sehingga memilih kembali ke pasangannya.

Jadi, jika ada pasangan yang memutuskan balikan lagi dengan mantan, kemungkinan besar alasannya seperti itu, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓