Sukses

Lifestyle

Liburan, Alasan Kenapa Rating Sangat Penting Saat Memilih Hotel

Fimela.com, Jakarta Ketika mencari tempat menginap untuk berlibur di suatu tempat melalui applikasi atau situs akomodasi, ada begitu banyak nama-nama hotel berbintang lima yang seakan menarik minatmu untuk langsung booking sekarang juga. Selain namanya yang terkenal, foto-foto dan daftar fasilitas mewah yang menjanjikan kenyamanan pun menjadi salah satu alasan kenapa banyak pelancong begitu tertarik untuk menginap di hotel branded. 

Tapi, apakah sebegitu pentingnya brand hotel? TrustYou, sebuah platform terbesar di dunia yang membantu mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola ulasan para tamu hotel untuk meningkatkan reputasi online di seluruh web dan pemesanan, telah mengumpulkan dan menganalisa lebih dari 3 juta traveler reviews dan survei dari berbagai situs untuk lebih dari 500 ribu hotel dan restoran. 

TrustYou kemudian mengeluarkan sebuah daftar hotel-hotel di Bali yang masuk 10 besar dalam 3 gategori; top 10 best luxury, top 10 best wellness, dan top 10 best romantic hotels. Di dalam daftar tersebut, justru ada begitu banyak hotel-hotel “non-brand.” Lantas, kenapa ada banyak non-brand hotel yang masuk ke dalam daftar 10 hotel terbaik di Pulau Dewata? 

Sebuah studi yang dilakukan Expedia Group, "The Big Decision: How travelers choose where to stay” menunjukkan guest ratings justru lebih penting dibandingkan brand hotel. Peneliti Abhijit Pal menunjukkan dampak guest rating yang begitu besar terhadap keinginan para tamu untuk stay di hotel tersebut. Penelitian ini menghubungkan antara guest reviews dan ratings, brand values, dan harga menginap di hotel tersebut. 

 

 

Faktor-faktor Pemilihan Hotel untuk Menginap Saat Liburan

Ketika brand tidak lagi menjadi penentu, para traveler ternyata justru melihat beberapa poin yang dimiliki dari kandidat hotel yang akan mereka pilih untuk di-booking. TrustYou menulis, harga per malam menjadi hal pertama yang dilihat tamu. Setelah itu, 'bintang' atau score yang didapatkan hotel tersebut atas penilaian dari para tamu sebelumnya. 

Justru, hotel brand menjadi hal yang paling terakhir dilihat oleh calon tamu. Urutannya berada di paling bawa setelah hotel class dan hotel image. Karena itu, tidak heran kalau ada banyak hotel-hotel non-brand yang masuk ke dalam daftar hotel terbaik di Bali. 

Pasalnya, bagi para tamu, pengalaman pada saat menginap di hotel tersebut merupakan hal yang paling penting dibandingkan faktor lainnya. Nilai yang diberikan tamu-tamu sebelumnya untuk sebuah hotel akan berdampak pada keputusan para tamu selanjutnya. 

Kalau Sahabat Fimela, faktor apa yang paling penting saat mencari hotel terbaik untuk menginap selama liburan? 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading