Makanan yang Jatuh Belum Lima Menit Masih Amankah Dimakan?

Febi Anindya Kirana14 Sep 2019, 10:14 WIB
anak makan buah

Fimela.com, Jakarta Ketika ana-anak makan di waktu tertentu mereka mungkin tanpa sengaja menjatuhkan makanan dan terkadang tanpa sadar kita akan mengambilnya kembali dengan alasan "belum lima menit". Tapi benarkah aturan mengambil lagi makanan yang terjatuh dengan keyakinan "belum lima menit" ini aman untuk kesehatan?

Ternyata, penelitian menemukan bahwa kebiasaan ini sebaiknya dihentikan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology menemukan bahwa tidak ada satu pun makanan yang terjatuh di lantai bebas kontaminasi.

 

Makanan Jatuh Bleum Lima Menit

makanan terjatuh
Photo by Sanjay Indiresh from Pexels

Meski demikian, penelitian menemukan bahwa semakin lama makanan berada di lantai, maka semakin banyak bakteri yang ada pada makanan tersebut. Bisa jadi inilah alasan bagaimana asal usul "belum lima menit" ada hingga saat ini.

Namun tetap saja, fakta ini tak bisa begitu saja membenarkan kebiasaan "belum lima menit". Dengan kata lain, mengambil makanan yang terjatuh karena "belum lima menit" adalah kebiasaan buruk. Ketika makanan terjatuh, makanan sudah terkontaminasi dengan bakteri yang ada di permukaan tempatnya terjatuh dan tetap berisiko menyebabkan penyakit pada tubuh.

Jadi, akan lebih baik jika menghentikan kebiasaan ini ya, Moms. Bukan hanya tak sehat untuk anak tapi juga untuk diri sendiri. Ketika makanan terjatuh, lebih baik tidak di makan, apalagi kita tak tahu bakteri apa yang sudah menempel dan mengontaminasi makanan tersebut.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓