Tips Menggunakan Serai agar Masakan Lebih Harum Aromanya

Endah Wijayanti13 Sep 2019, 14:59 WIB
tips serai

Fimela.com, Jakarta Serai memiliki aroma yang sangat khas. Sering digunakan dan dicampurkan dalam aneka masakan dan olahan. Serai juga bisa digunakan untuk bahan minuman. Sebaiknya kita memilih dan menggunakan serai yang segar yang ditandi dengan kondisi batangnya yang masih kencang dan tidak keriput.

Dalam menggunakan serai agar masakan bisa lebih harum aromanya, ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak keterangannya di bawah ini.

Buang Lapisan Luarnya

Lapisan luarnya sebaiknya dibuang. Satu atau dua lapisannya perlu kita buang terlebih dahulu. Akarnya juga perlu kita potong. Dengan begini, serai bisa menghasilkan aroma yang lebih sempurna.

Serai Bisa Dimemarkan

Kita bisa menggeprek atau mememarkan serai sebelum diolah atau digunakan untuk campuran bumbu dan masakan kita. Untuk bahan minuman pun, serai sebaiknya dimemarkan terlebih dahulu agar aromanya lebih kuat.

Serai Bisa Diiris Tipis

Untuk olahan seafood atau masakan khas Tiongkok, serai bisa diirisi tipis serong. Yang diiris biasanya adalah bagian dalam serai yang berwarna putih dan lunak. Dalam pembuatan sambal, serai juga bisa diiris tipis kemudian dicampurkan agar aroma sambal lebih menggugah selera.

Untuk penyimpanan serai sendiri sebenarnya cukup mudah. Kita bisa menaruhnya dalam wadah lalu diletakkan di tempat sejuk. Serai tidak akan gampang kering atau keriput selama tidak terkena terik sinar matahari langsung.

 

#GrowFearless with FIMELA