FIMELA FEST 2019: Self Love, Ini Alasan Mencintai Diri Sendiri Itu Penting

Febi Anindya Kirana13 Sep 2019, 17:15 WIB
mencintai diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Kita tentu pernah menyalahkan diri sendiri, merasa kurang cantik, kurang pintar, kurang kurus, kurang tinggi dan lain sebagainya. Kita sering mendengar suara-suara 'setan' di kepala kita yang selalu membuat percaya diri hilang. Padahal, jika bisa diteliti lagi, ada banyak hal baik dari diri sendiri yang patut kita syukuri bahkan kita banggakan, yang mungkin tak dimiliki orang lain.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Psychological Science dari University of Oxford dan University of Exeter menyebutkan bahwa mencintai diri sendiri memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh. Penelitian menemukan bahwa self-criticism atau suka mengkritik diri sendiri bisa merusak imunitas tubuh sehingga tubuh gampang sakit.

Parahnya lagi, sakit yang dialami tubuh tidak hanya menyerang fisik, tapi juga emosional. Orang jadi lebih rentan stres dan mengembangkan depresi karena terlalu sering berpikiran buruk pada diri sendiri.

 

Karena Mencintai Diri Sendiri Itu Sehat

mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Renato Abati from Pexels

Peneliti mencoba membandingkan ketika orang memberikan diri sendiri self-love dan self-criticism dengan dua skenario. Si A dan si B menghadapi masalah yang sama, dengan catatan si A selalu menganggap dirinya salah dan tak becus, sedangkan si B menganggap ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki kesalahan.

Si B berpikiran positif dan optimis. Hasilnya, secara fisik dan emosional, si B lebih sehat. Jantungnya berfungsi lebih baik dan ia menjalani hidup lebih rileks. Temuan menarik di sini, ternyata self-love mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis tubuh, respon tubuh dalam menurunkan detak jantung dan merilekskan pernapasan sehingga kesehatan kardiovaskuler terjaga.

Jantung Lebih Sehat dan Bebas Stres

self-love
ilustrasi mencintai diri sendiri/Photo by Taweepat from Shutterstock

Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa aktivitas parasimpatis yang baik mampu menurunkan kadar kortisol, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga regulasi emosi yang baik sehingga orang memiliki fisik dan psikologi yang sehat.

Jadi, masih suka menjelekkan diri sendiri? Berhenti mulai sekarang! Karena Tuhan tak mungkin menciptakan makhluknya tanpa kemampuan sama sekali. Jadi, be positif, be kind to yourself, and give a big self-love to yourself.

***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓