Meski Sulit, Bangun Pagi Punya Sejumlah Manfaat Bagi Kesehatan

fitriandiani15 Sep 2019, 16:00 WIB
bangun pagi

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan tantangan yang sulit. Padatnya aktivitas seharian membuat seseorang memilih tidur selama yang mereka bisa ketimbang menghirup udara pagi yang segar. Padahal, bangun pagi baik untuk kesehatan fisik maupun mental, lho.

Berikut ini beberapa manfaat bangun pagi, sebagaimana dikutip dari Boldsky, Minggu (15/9/2019).

1. Mendukung diet sehat

Sarapan adalah waktu makan terpenting karena merupakan 'fondasi' bagi tubuh dalam beraktivitas seharian. Bangun pagi akan membuka kesempatan untuk sarapan dengan rutin. Sementara dengan bagnun siang, jadwal makan akan berantakan dan meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi junkfood.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Secara tidak langsung, kesehatan kulit juga akan meningkat dengan sendirinya jika kamu terbiasa bangun pagi karena jika kamu menghirup oksigen yang lebih segar, aliran darah akan lebih lancar dan kulit pun lebih terhidrasi.

 

3. Lebih konsentrasi

bangun pagi
Kelebihan orang yang punya kebiasaan bangun pagi./Copyright shutterstock.com

Bangun pagi juga akan membuat konsentrasi otak lebih tinggi, karena di pagi hari kamu akan menerima lebih sedikit distraksi. Mengutip dari Boldksy, sebuah penelitian baru menyebut orang-orang yang bangun pagi memiliki performa akademis yang lebih baik.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Secara tidak langsung, ini juga dapat memperbaiki kebiasaan dan kualitas tidur yang buruk. Memulai selalu lebih sulit, namun bangun lebih pagi akan membuat kamu lebih cepat ngantuk, hingga bangun pagi pun lebih mudah lagi keesokan harinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓