4 Jenis Sayuran yang Tepat untuk Turunkan Kolesterol

Vinsensia Dianawanti16 Sep 2019, 08:30 WIB
lemak perut

Fimela.com, Jakarta Kolesterol sebenarnya dibutuhkann oleh tubuh. Kolesterol sendiri merupakan lemak esensial yang bertugas yang membantu fungsi tubuh agar bekerja lebih baik.

Sayangnya, jika kolesterol berada di tingkat yang terlalu tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan akan memicu penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Melansir dari siaran tertulis Alodokter, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol dengan mengonsumsi jenis sayuran yang tepat. Apa saja?

1. Tomat

Selain untuk melawan kanker, tomat juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

2. Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol. Namun jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Selain itu ia juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam memiliki peran penting untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya pada tubuh.

 

3. Bawang putih

Makanan pembakar lemak
Ilustrasi Makanan pembakar lemak (Unsplash.com)

Selain untuk bahan masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat-obatan yang menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat.

4. Terong

Salah satu manfaat terong adalah membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi terong juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Selain sayuran, terdapat beberapa jenis makanan lain yang bisa menurunkan kolesterol. Seperti gandum, kacang-kacang, buah apel, anggur, stroberi, serta ikan.

Lanjutkan Membaca ↓