Santan hingga Daun Pandan, Ini Bahan Pelengkap Jajanan Tradisional

Mimi Rohmitriasih17 Sep 2019, 10:15 WIB
Klepon

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner yang beragam. Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jajanan tradisional yang bermacam-macam.

Mengenai jananan tradisional, umumnya makanan ini terbuat dari berbagai bahan baku yang masih alami. Jajanan tradisional juga memiliki ciri khas menggunakan bahan pelengkap yang bisa dikatakan wajib ada.

Berikut adalah beberapa bahan pelengkap pada jajanan tradisional Indonesia.

Bahan Pelengkap Jajanan Tradisional

roti kukus
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Kelapa Parut

Bahan pelengkap pertama yang hampir ada di setiap jajanan tradisional Indonesia adalah kelapa parut. Kelapa parut segar atau yang telah dikukus bersama sedikit garam selalu memberi kesan gurih dan menggugah selera. Biasanya, kelapa parut dibuat sebagai campuran adonan jajanan pasar atau dibuat taburan.

Gula Merah

Bahan pelangkap jajanan tradisional yang wajib ada selanjutnya adalah gula merah. Gula merah biasa digunakan sebagai campuran adonan jajanan, sebagai isian, saus atau pun sekedar sebagai taburan. Gula merah akan memberi rasa dan aroma manis yang khas pada setiap jajanan tradisional.

Santan Kelapa hingga Daun Pandan

serabi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Santan Kelapa

Santan kelapa juga salah satu bahan pelengkap yang wajib ada di jajanan tradisional. Santan kelapa berfungsi membuat jajanan tradisional terasa lebih gurih dan menggugah selera. Santan juga akan membuat jajanan tradisional bertekstur lebih lembut.

Daun Suji

Daun suji bermanfaat untuk memberi warna hijau yang cantik pada jajanan tradisional. Cara memanfaatkan daun suji adalah dengan memerasnya airnya. Tambahkan air perasan daun suji pada adonan jajanan tradisional seperti klepon, dawet, kue kucur dan masih banyak lagi.

Daun Pandan

Bahan pelengkap jajanan tradisional Indonesia yang wajib ada selanjutnya adalah daun pandan. Bahan pelengkap ini bermanfaat memberi aroma wangi khas pada setiap jajanan atau kue tradisional.

Itulah beberapa bahan pelengkap pada jajanan tradisional Indonesia yang bisa dibilang wajib ada di setiap jajanan. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Sahabat Fimela ingin membuat jajanan tradisional dengan cita rasa lezat dan aroma wangi khas, jangan lewatkan untuk memanfaatkan bahan pelengkap di atas ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓