Suka Mendominasi Percakapan? Seperti Ini Dirimu di Mata Orang Lain

Febi Anindya Kirana14 Sep 2019, 17:15 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Ketika berkumpul dengan teman-teman atau banyak orang, mungkin kamu pernah menyadari bahwa ada orang-orang tertentu yang memang suka mendominasi percakapan, selalu ingin didengar dan bicara dengan lantang. Untuk beberapa kondisi, hal ini bisa berdampak positif, karena akan selalu ada hal untuk dibicarakan ketika berkumpul, tapi bisa juga sebaliknya.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli saraf Harvard University tahun 2012 menemukan bahwa orang yang suka mendominasi percakapan adalah tipe yang menyebalkan di mata orang lain. Orang seperti ini cenderung memiliki ego yang tinggi.

Suka Mendominasi Pembicaraan = Tanda Narsisme

mendominasi pembicaraan
Photo by Pexel

Penelitian yang dimuat di Wall Street Journal ini menunjukkan bahwa suka membicarakan diri sendiri atau hal lain agar dirinya didengar dan diperhatikan bukan hanya membuat orang lain menghindar namun juga menjadi tanda narsisme.

Orang seperti ini jelas tak suka mendengarkan orang lain atau tak bisa jadi pendengar yang baik. Cara bicaranya mudah sekali dibedakan, bukan hanya ia suka membicarakan dirinya sendiri tapi juga suka memaksakan pendapat. Sudah jelas sekali, orang seperti ini akan membuat orang lain tak nyaman.

Hem, kira-kira kamu tipe orang seperti ini juga? Tekan egomu dan jangan jadi orang menyebalkan ya, Sahabat Fimela!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓