Tips Menyusun Itinerary untuk Travelling Secara Efektif

Vinsensia Dianawanti17 Sep 2019, 09:00 WIB
[Fimela] Traveling

Fimela.com, Jakarta Menyusun itinerary atau rencana perjalanan bisa membantu kamu mengunjungi tempat-tempat tertentu di sebuah daerah. Travelling kamu menjadi lebih terarah dan efektif.

Meski sudah menyusun itinerary, bukan hal yang tidak mungkin jika masih banyak waktu yang terbuang. Bahkan beberapa tempat tidak bisa dikunjungi karena kehabisan waktu.

Travel vlogger, Kenny Santana, memberikan tips menyusun itinerary dengan lebih efektif ketika hendak travelling. Susunan itinerary sendiri sudah banyak dan bisa didapatkan secara mudah di internet. Tinggal disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan travelling.

Namun, Kenny menuturkan bahwa sebaiknya menyisipkan agenda pengalaman dan tidak melulu mengacu pada landmark.

"Misalnya kalau ke Prancis biasanya ingin melihat Menara Eiffel. Tapi coba cari pengalaman lain, seperti menonton opera atau konser," ungkap Kenny.

 

 

Jangan memaksakan itinerary

Travelling
Travelling (Foto: Unsplash/ @priscilladupreez)

Kenny sendiri pernah membaca sebuah buku yang mengatakan bahwa hal terpenting dari menyusun itinerary adalah ketika punya itinerary segudang lebih baik dipangkas setengahnya. Dengan demikian, kita bisa lebih rileks dan menikmati perjalanan.

"Kalian bisa merasakan hal-hal kecil yang tidak terbayangkan sebelumnya. Kalau lagi ingin nyantai, coba aj nengok ke sekitaran hotel ada apa. Bisa yang tiba-tiba ngopi sambil makan kue di pinggir jalan. Ini jadi pengalaman yang tidak terlupakan," cerita Kenny.

Selain itu, menurut Kenny, jangan terlalu memaksakan itinerary. Jadikan itinerary sebagai acuan perjalanan yang tidak membuat diri merasa tersiksa atau kelelahan.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓