Serba-Serbi Tentang Madu Manuka yang Lebih Mahal dari Jenis Lainnya

Annissa Wulan17 Sep 2019, 20:30 WIB
teh serai madu

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin telah sering mendengar atau menggunakan jenis madu yang satu ini, manuka. Walaupun memang tergantung pada kualitas dan kuantitasnya, madu manuka telah memiliki harga yang cukup tinggi  saat pertama kali muncul di pasaran.

Madu manuka dibuat oleh lebah yang menyerbuki semak manuka atau Leptospermum Scoparium. Pabrik madu manuka yang asli ada di Selandia Baru dan Australia.

Jika kamu benar-benar menggunakan madu manuka dari Selandia Baru dan Australia, ada karakteristik utama yang membedakan madu manuka dengan madu jenis lainnya. Pada tahun 1982, seorang ahli biokimia asal Selandia Baru bernama Peter Molan menemukan aktivitas antibakteri madu manuka yang luar biasa dan menghabiskan tiga dekade selanjutnya dalam hidupnya untuk mempelajari hal tersebut, seperti dilansir dari huffpost.com, Senin (16/9/2019).

Methylglyoxal atau MGO adalah senyawa antibakteri yang membedakan madu manuka dengan jenis madu lainnya. MGO memiliki manfaat sebagai antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan yang menjadikan madu manuka populer digunakan untuk mengobati luka, meredakan sakit tenggorokan, dan memperbaiki masalah pencernaan.

 

Cara menghasilkan madu manuka yang tidak mudah

madu
ilustrasi madu/copyright Pixabay

Tidak heran jika kemudian harga madu manuka menjadi sangat mahal, karena permintaan global yang kuat dan pasokan yang terbatas. Madu manuka adalah sumber daya yang sangat teratas karena hanya dapat diproduksi di daerah yang berlimpah dengan bunga manuka asli.

Bunga manuka sendiri memiliki musim berbunga yang sangat pendek, yaitu dua sampai enam minggu dari satu tahun. Dibutuh keterampilan, perencanaan, dan sumber daya yang sangat besar untuk memanen madu manuka.

Cuaca memainkan peran utama dalam panen madu manuka dan secara drastis dapat mempengaruhi pasokan. Madu manuka dengan tingkat senyawa aktif yang lebih tinggi akan diberi harga yang lebih tinggi.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika kamu akan membeli madu manuka adalah peringkat UMF atau logo heksagonal dengan tingkat tercantum di dalamnya, peringkat MGO atau tujuan penggunaan sehari-hari, dan NPA atau aktivitas non peroksida. Sudah pernah coba madu manuka sebelumnya?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓