Membaca Novel Di mana saja dan Kapan Saja, Lewat Platform Novel Online

Anisha Saktian Putri17 Sep 2019, 10:00 WIB
Membaca/Pixabay silviarita

Fimela.com, Jakarta Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, masyarakat tentu mengandalkan internet untuk berbagai aktivitas termasuk membaca novel.

Kini penikmat novel tak perlu lagi berat-berat membawa buku, sebab sudah hadir platform baca novel online, bahkan dapat membaca novel di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi NovelMe menjadi salah satu platform novel online yang menghadirkan ribuan pilihan novel, seperti My Superhero, Mendadak Nikah, My Secret Love, Bad in Fairy, Suami Negeri Dongeng. Pilihan genre yang semakin lengkap memanjakan imajinasi pembaca, mulai dari romance, fantasi, petualangan, action.

Pada awal diluncurkan NovelMe merupakan platform gratis. Pembaca bisa memberikan bintang kepada karya favorit, sehingga karya yang menduduki peringkat teratas dapat memenangkan hadiah uang senilai Rp. 16.000.000 dari total hadiah senilai Rp. 135.000.000 yang sepenuhnya ditanggung oleh NovelMe.

Namun pada 19 Juli 2019 platform fiksi online ini tidak dapat menunda keputusan untuk mengunci novel-novel favorit. Pembaca diminta untuk membeli koin untuk dapat membuka chapter berbayar, senilai minimal Rp 100 untuk setiap bab.

Haruskah membayar untuk membaca novel?

Aplikasi NovelMe
Aplikasi NovelMe

Tim editor Novelme memberikan tanggapan, pembaca mungkin tidak tahu betapa sulitnya menerbitkan novel di Indonesia. Setiap tahun mungkin hanya di bawah 10% dari naskah yang masuk sempat diterbitkan dan dicetak, karena harus melalui proses antrian yang panjang. Sebetulnya karya-karya yang diminati seperti Mendadak Nikah, My Superhero,, Bad In Fairy, My Secrte Love, Suami Negeri Dongeng, layak untuk diterbitkan dan dicetak.

"Sekarang ini permintaan terhadap cetakan buku menurun, sehingga untuk cetakan pertama novel hanya dicetak antara 2000-3000 exemplar, bisa juga kurang dari itu. Jika harga buku sekitar 50%, dan royalty pengarang hanya 10%, bisa dibayangkan begitu kecilnya royalty yang diterima pengarang, karena sebagai uang muka di awal hanya menerima 25% dari total royalty lalu harus menunggu setiap 6 bulan untuk melihat hasil penjualan," paparnya dalam siaran persnya.

Ada juga penerbit yang juga tidak memberikan di awal, tetapi setelah buku terjual. Bisa dibayangkan bagaimana nasib penulis. Belum lagi proses penulisan hingga penerbitan yang memakan waktu sekitar 1 tahun. Jarang sekali penulis yang mendapatkan penghasilan bulanan. Dengan platform novel online NovelMe, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis mereka.” Untuk memastikan kreasi penulis yang berkelanjutan, platform NovelMe telah meluncurkan ajang kompetisi menulis Next Top Writer, karya novel dengan pemberian peringkat bintang terbanyak dari pembaca akan memenangkan hadiah tertinggi.

"Tetapi tidak hanya itu, agar benefit dan penghasilan dapat dinikmati oleh semua penulis kami meluncurkan program tunjangan bulanan sebesar Rp. 400.000 bagi penulis yang konsisten menulis setiap hari selama 30 hari," tambahnya.

Mudahkah cara top up?

“Caranya sangat mudah, pembaca hanya perlu membuka halaman Saya di aplikasi NovelMe mereka dan menekan kata Koin untuk melakukan top up, setelah memilih nominal koin pembaca akan disuguhkan metode pilihan pembayaran, selanjutnya pembaca dapat menyelesaikan proses top up dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode pembayaran yang mereka pilih” jelas team editor.

#growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓