FIMELA FEST 2019: Menjadi Perempuan Fearless yang Piawai Mengatur Keuangan

Meita Fajriana16 Sep 2019, 15:00 WIB
Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kategori seorang perempuan dikatakan fearless. Salah satunya adalah kepiawaian mereka dalam mengatur keuangan. Perempuan yang mampu hidup dengan finansial yang sehat untuk diri dan keluarganya. Perempuan bisa dengan mudah sukses dengan ketekunannya, namun banyak di antara mereka yang gagal mengatur keuangan saat di puncak kesuksesan tersebut. 

Perempuan harus mulai sadar untuk apa uang mereka gunakan, kapan mulai berinvestasi, bagaimana memanajemen keuangan dengan baik. Hal ini bisa dimulai dengan dasar-dasar penganggaran dan manajemen arus kas, serta bagaimana menabung secara tepat untuk masa pensiun.

Para ahli percaya bahwa kurangnya kesadaran keuangan berasal dari komunikasi yang buruk tentang uang dan sistem kepercayaan yang berasal dari generasi ke generasi. Masih banyak perempuan yang belum mandiri dan tidak tahu cara mengelola uangnya. Hal ini berdampak pada kesuksesan dalam keluarga dan kekayaan di masa depan.

"Pada generasi sebelumnya, perempuan diajari bahwa tidak memiliki kekuatan dalam hal uang dan tidak memiliki kendali atas uang sendiri. Diperlukan perlawanan internal, resistensi biologis dan masyarakat untuk perempuan dapat meningkatkan kekuatan mereka mengambil kendali atas keuangan sendiri,” kata Dr. Kate Levinson psikolog dan penulis tentang finansial sehat, seperti dilansir dari situs CNBC, Senin (16/9/2019).

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan perempuan untuk menjadi cerdas secara finansial. Jadilah perempuan fearless dengan keuangan yang sehat. Kamu ingin menjadi salah satunya sahabat Fimela?

1. Gunakan perasaan

Perempuan adalah makhluk yang selalu bertindak menggunakan perasaan. Oleh karena itu, banyak pendapat yang mengungkapkan perempuan harus menghilangkan emosi mereka ketika mengatur uang.

Namun dari sudut feminin, nyatanya perasaan dapat benar-benar membantu perempuan untuk membuat keputusan tentang penggunaan uang. Cobalah untuk berdamai dengan perasaanmu, apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam mengelola keuangan.

2. Bicarakan dengan orang terpercaya

Perempuan suka untuk berbagi kisahnya dengan orang lain. Namun, hal ini masih tabu ketika membahas keuangan. Cobalah untuk mencari orang dipercaya dan bicarakan rencana keuanganmu. Bicarakan dengan dasar pengetahuan keuangan yang tentunya sudah baik. Dapatkan pengetahuan ini dari buku yang berkaitan dengan uang.

 

 

3. Cari tahu gaya belajarmu

Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan
Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan. (Foto: Icons8_team from Pixabay)

Meskipun diskusi dapat membantu, ada banyak yang dapat dilakukan untuk belajar keuangan. Setiap orang berbeda dalam hal belajar, jadi perempuan harus menemukan cara "sempurna" mereka sendiri untuk melakukannya.

Bisa dengan mengambil kelas perencanaan keuangan di perguruan tinggi, mengambil seminar gratis, atau membaca buku. Ada banyak juga komunitas-komunitas yang bisa dijadiikan wadah berlajar.

4. Bantuan tim profesional

Perempuan perlu memastikan mereka mendapat dukungan yang tepat. Dukungan ini hadir dari orang-orang yang membantu dan memberikan semangat. Untuk mengelola keuangan kamu perlu penasihat keuangan dalam tim. Konsultan keuangan ini dapat membantu mengelola anggaran sesuai kebutuhanmu.

 

5. Bekerjalah dengan pasangan

Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan
Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan. (Foto: rawpixel from Pixabay)

Hanya karena dirimu aman secara finansial bukan berarti memutuskan hubungan dengan pasangan. Sebaliknya, bekerja sama dengan masing-masing berfokus pada kekuatannya sendiri, dapat mengasilkan sinergi yang tepat. 

Kamu dan pasangan yang sudah menikah lama, sebulan sekali bisa melakukan kencan untuk membahas rencana keuangan mereka. Dibandingkan mendiskusikan keuangan dengan kaku, pergi ke taman, sembari bermain seperti dan bercerita bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

6 Beri hadiah untuk diri sendiri

Mengelola keuangan memang menjadi prioritas, namun dirimu adalah yang paling berharga. Saat dirimu telah mampu mengelola keuangan dengan cerdas, ini adalah waktunya memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. 

Kamu bisa berinvestasi pada hal yang kamu senangi seperti tas branded. Setelah berjuang untuk kesehatan finansial kamu bisa meningkatkan tujuan hidupmu. Jika ingin, bisa kembali melanjutkan pendidikan, atau mencari pekerjaan yang lebih nyaman dan mandiri.

Ingin tahu lebih lanjut tentang perempuan fearless? Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019!

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓