Apakah Aman Makan Salmon Mentah? Apa Bahayanya?

Febi Anindya Kirana16 Sep 2019, 16:45 WIB
salmon

ringkasan

  • Bakteri dan parasit pada ikan salmon mentah akan mati jika dimasak pada suhu paling tidak 63 °C
  • Ikan salmon mentah dapat mengandung bakteri, parasit, dan mikroba berbahaya lainnya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika beli sushi atau sashimi, mungkin kita sering melihat ikan salmon disajikan dalam keadaan mentah. Meski memang bukan kebiasaan orang Indonesia makan makanan mentah, namun sepertinya beberapa orang tak masalah makan ikan salmon mentah. Tapi benarkah ikan salmon mentah aman dimakan?

Sayangnya, makan ikan salmon mentah tidak sepenuhnya aman. Bagaimana pun, makanan mentah memiliki risiko kesehatan, tidak terkecuali ikan salmon mentah. Ikan salmon mentah dapat mengandung bakteri, parasit, dan mikroba berbahaya lainnya, seperti dilansir dari Healthline.

Risiko Makan Ikan Salmon Mentah

ikan salmon
copyright Pixabay

Daging salmon merupakan salah satu tubuh hewan yang sering dijadikan tempat berkembang biaknya parasit dan telur cacing. Sedangkan bakteri dan parasit pada ikan salmon mentah akan mati jika dimasak pada suhu paling tidak 63 °C. Jadi jika memakannya mentah risiko mengalami infeksi lebih besar. Belum lagi risiko kontaminasi racun yang dibawa ikan salmon itu sendiri dari lingkungan tempatnya hidup.

Umumnya sushi dan sajian ikan salmon mentah disajikan dengan wasabi sebagai penawar sekaligus pembunuh bakteri. Namun tetap saja, tidak ada yang lebih efektif membasmi bakteri pada makanan mentah selain memasaknya dengan benar.

Jadi, jika tak yakin mau makan ikan salmon mentah, lebih baik ambil jalan amannya saja dengan memasak daging ikan lebih dulu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓