FIMELA FEST 2019: 6 Langkah Terbaik untuk Mulai Mengelola Keuangan

Annissa Wulan16 Sep 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi uang

Fimela.com, Jakarta Mengelola keuangan sama halnya dengan membangun kebiasaan yang baik, mudah secara teori, namun sangat sulit dilakukan. Mengelola keuangan bisa jadi mengubah kebiasaan seumur hidup dan ini jelas merupakan tantangan yang tidak mudah.

Dilansir dari independent.co.uk, Senin (16/9/2019), berikut ini adalah beberapa langkah terbaik untuk mulai mengelola keuangan, jika kamu bingung harus mulai darimana. Simak ini.

1. Menjabarkan motivasi

Penting untuk melihat mengapa kamu ingin melakukan perubahan, terutama dalam hal mengelola keuangan. Setiap kali kamu ingin menghentikan suatu kebiasaan dan menciptakan perubahan baru yang bertahan lama, mulailah dengan motivasi.

Tanyakan pada dirimu sendiri mengapa kamu ingin mengurangi pengeluaran. Apapun itu, jelaskan alasanmu.

2. Pikirkan tentang perasaanmu sendiri

Penting juga untuk mempertimbangkan perasaanmu ketika membelanjakan uang, terutama jika kamu sedang berjuang untuk mengurangi pembelian impulsif. Untuk mulai mengelola keuangan, cari tahu emosi apa yang mendahului pengeluaranmu, apakah itu rasa bosan, kesedihan, atau kesendirian.

 

 

 

3. Tetapkan penghalang bagi pengeluaranmu

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Pengeluaran impulsif bisa ditangani dengan menetapkan aturan tegas tentangnya. Sebelum membeli apapun, luangkan waktu sebentar untuk menarik napas atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah. Jarak waktu bisa memberikanmu pandangan untuk membedakan mana pembelian yang perlu dan tidak.

4. Kenali jebakan potensial

Di sini kamu perlu disiplin untuk mengenali apa yang menjadi kelemahan diri sendiri dan hal-hal yang cenderung menghalangimu. Dengan cara ini, kamu bisa menemukan solusi untuk membantu dirimu sendiri melewati godaan yang muncul sewaktu-waktu.

5. Memanfaatkan teknologi

pasangan
ilustrasi keuangan/.copyright Rawpixel

Sebenarnya mengelola keuangan menjadi lebih mudah dengan sejumlah aplikasi pintar yang tersedia saat ini. Ada banyak aplikasi yang memudahkanmu untuk melihat keuangan secara keseluruhan, menciptakan hubungan yang jauh lebih terbuka antara dirimu sendiri dengan uang.

6. Mengingat tujuan

Sepanjang proses mengelola keuangan sedang berjalan, ingatkan diri sendiri mengapa kamu melakukannya di awal. Di saat-saat yang lemah, bangun disiplin diri dengan membayangkan apa yang ingin kamu capai di masa depan.

Ingin tahu lebih banyak tips untuk mulai mengelola keuangan yang baik dan benar? Jangan lupa daftarkan dirimu dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓