Deposito Pilihan Investasi untuk Investor Pemula dengan Risiko Rendah

Ayu Puji Lestari17 Sep 2019, 12:45 WIB
Menabung

Fimela.com, Jakarta Jenis invetasi beragam dan yang perlu diketahui, setiap orang memiliki jenis invstasi yang berbeda. Sahabat FIMELA tidak bisa menyamakan jenis investasi orang per orang, karena setiap orang memiliki risiko yang berbeda. Jika kamu masih single dan tidak memiliki tanggungan jangan samakan risiko investasinya dengan temanmu yang single dan memiliki tanggungan.

Well, jika kamu adalah salah satu investor pemula yang memiliki risiko rendah salah satu produk investasi yang bisa dipilih adalah deposito. Dana yang mudah dicairkan dan relatif aman menjadi alasan mengapa deposito disarankan untukmu.

Kelebihan Deposito yang Perlu Diketahui

keuangan suami istri
Tips komunikasi soal keuangan suami istri./Copyright pexels.com

Banyak manfaat yang bisa diambil dari deposito. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memiliki Risiko Rendah

Alasan utama mengapa deposito menjadi pilihan investor pemula dengan risiko rendah, karena deposito sedikit terpengaruh dengan gejolak pasar. Nilai dari deposito stabil dan keamanannya terjamin.

2. Memiliki Jaminan Keamanan

Hal utama yang perlu diperhatikan saat investasi adalah jaminana keamanannya. Deposito dijamin oelh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar dengan suku bunga maksimal 7.5% per tahun. Hal ini lebih dari cukup jika deposito merupakan produk investasi yang aman.

3. Memiliki Suku Bunga yang Bersaing

Berbeda dengan tabungan biasa, deposito memiliki suku bunga yang lebih bersaing. Tabungan biasa bunganya maksimal 2% per tahun, berbeda dengan deposito bunganya bisa mencapai 7.5% per tahun. Tidak mengherankan, deposito menjadi pilihan yang tepat untuk investor pemula.

Bunga yang diberikan deposito juga bisa menjadi alternatif pilihan penghasilan pasif, karena kemudahannya untuk menariknya. Ingin disetor ke rekening lain atau ditarik tunai. Menyenangkan bukan?

Tips Memilih Deposito yang Aman

Tips Keuangan/mlg
Ilustrasi tips hemat/copyright unsplash.com/@belart84

Kemudahan yang didapat dari deposito bukan berarti tanpa risiko. Untuk menghindari risiko deposito, pastikan kamu memerhatikan tips memilih deposito yang aman berikut ini.

  • Pilih Bank dengan reputasi yang baik. Paling aman pilih bank miliki Pemerintah atau bank yang direkomendasikan BI.
  • Sesuaikan perencanaan depositomu sesuai dengan kebutuhan keuanganmu.
  • Pilih bank yang menawarkan bunga yang tinggi namun tidak melebihi bunga yang dijamin LPS yaitu 7.5% per tahun.
  • Pilih bank yang memiliki jaringan luas dan kemudahan dalam pelayananya.

Well, demikian alasan mengapa kamu wajib mencoba deposito. Jadi, jenis investasi apa yang menjadi pilihanmu?

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓