Ternyata Ini Cara Memasak Ikan yang Paling Baik dan Sehat

Febi Anindya Kirana17 Sep 2019, 16:15 WIB
Cara Memasak Ikan

ringkasan

  • Memanggang menggunakan microwave dan oven mampu memertahankan kandungan vitamin dan mineral pada ikan
  • Memasak dengan cara mengukus dan poaching tidak akan mengubah atau menambah kalori (lemak) pada ikan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ikan adalah bahan makanan yang sangat sehat bahkan menjadi pilihan lebih sehat dari daging merah dan unggas. Makan secara rutin mampu mencegah kegemukan, menurunkan berbagai risiko penyakit, termasuk jantung, diabetes hingga kanker. Namun bahan yang sehat pun bisa menjadi tak sehat jika cara memasak atau mengolahnya tidak tepat.

Banyak orang selama ini justru merusak kesehatan gizi ikan tanpa menyadarinya. Ada banyak cara mengolah makanan namun tidak semuanya sehat dan tepat untuk ikan. Ternyata cara memasak ikan dengan cara sous vide, dipanggang microwave, panggang oven, kukus, dan poaching menjadi cara memasak paling sehat.

Cara Memasak Ikan Terbaik dan Sehat

cara memasak ikan yang buruk
Photo by Anton Nikolov on Unsplash

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central menyebutkan bahwa memanggang menggunakan microwave dan oven mampu memertahankan kandungan vitamin dan mineral pada ikan. Sedangkan memasak dengan cara mengukus dan poaching tidak akan mengubah atau menambah kalori (lemak) pada ikan. Berbeda dengan menggoreng, menumis, atau membakar yang merupakan cara terburuk mengolah ikan.

Ada juga cara memasak yang disebut dengan Sous vide, istilah Prancis untuk cara mengolah makanan dengan cara memasukkan ke dalam plastik tertutup dan dimasak dengan suhu rendah hingga matang. Proses pemasakan ini membutuhkan waktu sangat lama dan memang tidak umum dilakukan di Indonesia, namun diketahui menjadi cara memasak terbaik jika tak ingin kehilangan nutrisi utuh ikan.

Jadi, itu dia cara memasak ikan terbaik dan terburuk yang bisa dibedakan. Pilih cara mengolah yang sehat ya!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓