Menangislah, karena Ini Manfaat Menangis untuk Tubuh

Febi Anindya Kirana18 Sep 2019, 18:15 WIB
menangis

Fimela.com, Jakarta Menangis merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia karena ini menunjukkan bahwa manusia memiliki perasaan. Menangis bisa jadi ungkapan rasa sedih, menyesal, haru atau bahkan bahagia. Beberapa orang berusaha menahan tangis atau menyembunyikannya karena malu, padahal sebenarnya tak perlu karena menangis justru punya banyak manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion menemukan bahwa menangis mampu meregulasi sistem pernapasan selama menghadapi situasi penuh tekanan. Penelitian yang dilakukan di University of Queensland ini melakukan tes rasa dingin (Cold Pressor Stress Test) terhadap 197 perempuan untuk mengetahui reaksi emosional mereka.

Menangis Membuat Tubuh Rileks

manfaat menangis
Photo by Luis Galvez on Unsplash

Selama eksperimen, detak jantung dan aktivitas pernapasan mereka dimonitor. Hasilnya, para perempuan yang menangis memiliki detak jantung lebih stabil dan pernapasan lebih rileks karena mereka mengeluarkan emosi mereka melalui tangisan tersebut.

Penulis penelitian, Leah Sharman mengatakan bahwa menangis mampu membantu menjaga tubuh kita stabil dan tenang dengan cara memperlambat dan mengatur pernapasan, dengan begitu detak jantung pun ikut melambat.

Jadi, tak perlu menahan atau menyembunyikan diri saat ingin menangis karena itu justru baik untuk kesehatan, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓