4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Aerobik bagi yang Jarang Olahraga

Endah Wijayanti19 Sep 2019, 07:45 WIB
tips sebelum olahraga

ringkasan

  • Minum Air Putih
  • Kenakan Sepatu dan Baju yang Nyaman
  • Stretching
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi yang jarang atau mungkin sudah lama tak pernah olahraga, memulai kembali aktivitas fisik yang intens bisa terasa cukup sulit. Misalnya, untuk kembali mencoba olahraga aerobik, kita setidaknya perlu mempersiapkan diri dengan baik. Mengingat tubuh yang mungkin sudah kaku karena jarang olahraga, setidaknya kita perlu sedikit melemaskan otot-otot supaya tidak cedera saat melakukan gerakan aerobik.

Instruktur yoga dan pakar fitnes, Laurel Dierking, MEd, NFPT seperti yang dikutip dari yourweightmatters.org menyebutkan bahwa manfaat aerobik bisa memberi dampak jangka panjang terhadap kesehatan mental, fisik, dan emosi. Stres menurun, kesehatan jantung membaik, energi lebih stabil, dan mengurangi risiko cedera sendi, itu beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga. Nah, bagi yang ingin kembali mencoba aerobik setelah sekian lama tidak olahraga, pastikan melakukan beberapa hal penting ini sebalum melakukannya.

1. Minum Air Putih

Sekitar 30 menit sebelum mau memulai aerobik, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu. Minum satu gelas air putih bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tapi tak perlu sampai membuat perut terlalu penuh, ya. Bisa juga dengan makan sesuatu seperti selembar roti gandum untuk memberi kita cukup energi agar lebih bersemangat olahraga tanpa membuat sistem pencernaan kita terlalu keras bekerja. Tapi kalau tak terbiasa makan sebelum melakukan aktivitas yang cukup intens, tidak perlu memaksakan diri untuk makan.

2. Kenakan Sepatu dan Baju yang Nyaman

Untuk menghindari risiko cedera, kita perlu mengenakan baju dan sepatu yang benar-benar nyaman. Sepatu olahraga dan baju olahraga yang membuat kita bisa bergerak dengan bebas akan sangat memudahkan kita mengikuti gerakan aerobik dengan lebih baik.

3. Stretching

olahraga jalan kaki
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Stretching sangatlah penting dilakukan. Lakukan beberapa gerakan sederhana untuk melemaskan otot-otot tubuh. Dengan pemanasan yang baik, risiko nyeri otot dan tubuh setelah aerobik bisa berkurang. Fleksibilitas atau kelenturan tubuh sangatlah penting dimiliki sebelum memulai aerobik.

4. Awali dengan 15 Menit per Sesi

Untuk latihan aerobik bisa dimulai dengan 15 menit latihan setiap sesinya. Idealnya, satu sesi perlu dilakukan antara 15-60 menit setiap 3-5 kali per minggu. Bila tubuh kita belum terbiasa, kita bisa mulai dari 15 menit per sesi.

Setelah kita merasa cukup nyaman dengan rutinitas olahraga yang kita kuat, maka kita perlu konsistensi melakukannya dengan disiplin dan teratur. Belum terlambat untuk memulai olahraga lagi.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓