Jenis Musik Ini yang Membuat Orang Tidak Mudah Stres Saat Bekerja

Febi Anindya Kirana18 Sep 2019, 20:02 WIB
mendengar musik

ringkasan

  • Mampu meningkatkan konsentrasi dan membantu orang merasa tenang saat bekerja
  • Mendengarkan musik sangat membantu menjaga agar orang tidak mudah panik
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Musik memang memiliki efek yang bisa mengaduk perasaan. ketika sedang sedih dan putus cinta misalnya, orang akan cenderung mendengarkan musik sedih untuk menyamakan kondisi hatinya.

Begitu pula jika ingin bekerja lebih cepat, lebih konsentrasi atau lebih bersemangat, penelitian membuktikan bahwa mendengar musik klasik dan upbeat bisa sangat membantu konsentrasi bekerja. Namun bagaimana jika ingin bekerja yang bebas stres? Ternyata musik juga bisa mengatasinya.

Mendengar Musik Mampu Melepaskan Stres

musik
ilustrasi perempuan mendengar musik/copyright by KONGPHOTOGRAPHER from Shutterstock

Penelitian yang dilakukan di Rensselaer Polytechnic Institute menemukan bahwa orang yang mendengar musik alam seperti suara dedaunan hutan, air mengalir, burung berkicau dan suara natural lainnya mampu meningkatkan konsentrasi dan membantu orang merasa tenang saat bekerja.

Orang akan merasa rileks atau santai ketika mendengarkan musik alam ketika bekerja sehingga detak jantungnya lebih lambat dan penapasannya lebih teratur karena kadar stresnya tidak tinggi. Dalam hal ini mendengarkan musik sangat membantu menjaga agar orang tidak mudah panik dan mudah kehilangan fokus ketika dihadapkan pada tekanan.

Jadi, jika ingin bekerja dengan lebih tenang dan tidak mudah stres, dengarkan musik alam yang menenangkan ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓