Tidak Lapar tapi Ingin Makan Terus, Kenali 4 Penyebabnya

Endah Wijayanti18 Sep 2019, 16:15 WIB
penyebab makan terus

ringkasan

  • Sedang merasa bosan
  • Perasaan gugup
  • Stres
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi bila ingin berat badan tidak gampang naik adalah mengendalikan nafsu makan. Penting bagi kita untuk mengatur pola makan seimbang untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Hanya saja kadang teori tak semudah praktiknya.

Adakalnya kita masih ingin terus makan padahal sedang tidak lapar. Akibatnya, kalori yang kita konsumsi melebihi yang kita butuhkan. Jika hal ini terjadi, maka kita berisiko mengalami kenaikan berat badan. Coba kita pahami lagi sebenarnya apa yang menyebabkan kita kadang susah menahan nafsu makan padahal tidak dalam keadaan lapar.

1. Rasa Bosan

Pernahkah ketika di rumah kita refleks membuka pintu kulkas saat sedang bosan? Dilansir dari verywellfit.com, rasa bosan bisa membuat kita ingin makan terus meski sedang tidak dalam keadaan lapar. Sebaiknya cari pengalih perhatian yang lain saat sedang bosan, sehingga tidak melampiaskannya pada makanan.

2. Gugup

Perasaan tak nyaman atau gugup, misalnya ketika berhadapan dengan orang yang membuat kita tidak tenang, bisa membuat kita makan terus. Aktivitas makan jadi semacam pengalih perhatian untuk menutupi rasa gugup yang kita rasakan. Bila tak ingin kebablasan dan makan terus karena gugup, segera kendalikan diri untuk berhenti makan sebelum kekenyangan.

3. Stres

camilan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ya, kadang karena stres kita jadi terlalu banyak makan. Kegiatan makan menjadi semacam kegiatan yang dapat menutupi dan mengalihkan perhatian kita dari stres atau kondisi tertekan yang sedang kita rasakan. Ada istilah yang disebut emotional eating, yaitu kita melakukan aktivitas makan karena mengikuti emosi yang sedang kita rasakan.

4. Kebiasaan

Faktor kebiasaan juga bisa memengaruhi nafsu makan kita. Bila selama ini kita terbiasa, misalnya menonton televisi sambil menikmati camilan, maka setiap kali menonton televisi kita akan selalu merasa kurang lengkap bila tidak ada camilan. Atau bila secara rutin kita selalu makan pada waktu-waktu tertentu, maka secara otomatis biasanya kita langsung ingin makan pada waktu tersebut sekali pun sedang tidak lapar.

Mengendalikan nafsu makan memang kadang tidak mudah dilakukan. Tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Demi menjaga kesehatan dan berat badan tubuh tetap ideal, kita perlu teap berusaha sebaik mungkin mengatur pola makan sehati kita setiap hari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓