Hati-Hati, Perempuan Tinggi Lebih Rentan Terserang Kanker!

Febi Anindya Kirana22 Sep 2019, 10:15 WIB
perempuan tinggi

ringkasan

  • Korelasi antara tinggi badan dan risiko kanker bisa jadi dari jumlah sel tubuh
  • Ketika orang memiliki tubuh lebih tinggi, mereka memiliki lebih banyak sel-sel tubuh
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Perempuan yang punya tinggi badan tinggi pasti bangga dengan proporsi tubuhnya yang semampai. Namun ternyata menjadi perempuan tinggi juga menyimpan risiko kesehatan tersendiri. Dibandingkan perempuan yang pendek, ternyata perempuan tinggi punya risiko mengalami penyakit kanker lebih besar.

Sebuah penelitian dari Swedia menemukan bahwa perempuan dengan tubuh tinggi memiliki risiko lebih besar mengembangkan penyakit kanker dibandingkan perempuan pendek. Penelitian menyebutkan bahwa kenaikan tinggi 10 cm menaikkan risikonya sebanyak 18%.

Tubuh Tinggi Memicu Kanker

perempuan malam hari
ilustrasi perempuan/Photo by Lucas Pezeta from Pexels

Ketua penelitian Dr Emelie Benyi dari Karolinska Institute mengungkapkan bahwa korelasi antara tinggi badan dan risiko kanker bisa jadi dari jumlah sel tubuh. Ketika orang memiliki tubuh lebih tinggi, mereka memiliki lebih banyak sel-sel tubuh sehingga potensi kanker juga lebih besar. Atau bisa juga karena orang tinggi membutuhkan asupan energi lebih besar sehingga meningkatkan aktivitas sel yang bisa memicu kanker.

Penelitian menganalisis 5,5 juta orang dengan tinggi 100 cm - 225 cm dan menemukan bahwa perempuan yang lebih tinggi punya kenaikan risiko kanker payudara sebesar 20% dan kanker kulit sebesar 30% setiap kenaikan 10 cm.

Tapi tentu saja tinggi badan tidak dapat menentukan segalanya. Jika ternyata bisa menjaga pola hidup sehat, tentu risiko kanker juga akan lebih kecil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓