Studi Menarik: Bekerja 1,6 Jam di Jakarta Setara Selembar Tiket Bioskop

Endah Wijayanti19 Sep 2019, 12:45 WIB
nonton bioskop

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, kira-kira berapa kali dalam sebulan menyisihkan uang dan waktu untuk menonton film di bioskop? Menonton film di bioskop memang salah satu kegiatan mengasyikkan dan digemari banyak orang. Penikmatnya pun beragam, dari mereka yang masih duduk di bangku sekolah hingga yang sudah berkeluarga. Bagi sebagian penggemar film, menonton film di bioskop kerap menjadi hobi atau kegiatan rutin. Meski banyak yang rela menyisihkan sebagian dari uang mereka agar dapat menikmati film-film terbaru, namun hobi ini bisa dibilang tidak murah apalagi jika dilakukan di hari-hari tertentu seperti weekend dan tanggal merah. Ada studi menarik dari CupoNation terkait perbandingan harga tiket bioskop dan upah minimum di masing-masing provinsi di Indonesia.

Orang Jakarta perlu bekerja selama 1,6 jam untuk membeli satu tiket bioskop

Rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 3,4 jam untuk dapat membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah. Kota di Indonesia yang memerlukan waktu kerja paling singkat untuk membeli sebuah tiket bioskop adalah Jakarta, diiringi oleh Palembang, Balikpapan, Manado dan Medan. Kota di Indonesia yang memerlukan waktu kerja paling panjang untuk sebuah tiket bioskop yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah adalah Semarang, diiringi oleh Tasik Malaya, Banjarmasin, Palu, dan Pekalongan.

Harga tiket bioskop cenderung berbeda di setiap kota di Indonesia, yakni dengan kisaran harga dari Rp35.000 hingga Rp75.000 untuk film yang ditayangkan di akhir pekan dan tanggal merah. Perbedaan harga tiket bioskop ini membuat situs berhemat CupoNation melakukan studi dengan membandingkan harga tiket bioskop dan upah minimum di masing-masing provinsi di Indonesia. Rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 2,4 jam untuk membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di hari Senin sampai Kamis, 2,8 jam untuk film bioskop yang tayang di hari Jumat, dan 3,4 jam di akhir pekan dan tanggal merah. 

nonton bioskop 2
Copyright CupoNation

Meski Jakarta bukan merupakan kota yang menjual harga tiket bioskop termurah, tapi jika diukur dari UMP di setiap kota di Indonesia, maka Jakarta adalah kota dengan harga tiket yang paling terjangkau. Warga Jakarta sudah mampu membeli satu tiket bioskop yang tayang di akhir pekan atau tanggal merah dengan hanya bekerja selama 1,6 jam. Kota kedua dengan waktu kerja tersingkat adalah Palembang dan Balikpapan, di mana warga ya hanya perlu bekerja selama 2 jam untuk dapat membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah.

Dengan upah minimum yang berbeda di setiap kota, maka ada beberapa kota yang memerlukan waktu kerja lebih panjang demi membeli selembar tiket bioskop. Di Indonesia, kota yang membutuhkan waktu kerja paling panjang untuk membeli tiket nonton bioskop untuk jadwal tayang di hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah adalah Semarang, di mana warganya perlu bekerja selama 5,5 jam untuk dapat membeli sebuah tiket nonton. Kota selanjutnya adalah Tasik Malaya dengan waktu kerja yang dibutuhkan sebanyak 5,3 jam dan Banjarmasin selama 4,5 jam.

Perbandingan Harga Tiket Bioskop di 46 Kota di Indonesia

nonton bioskop 1
Copyright CupoNation

Meski ditayangkan oleh operator yang sama yaitu Cinema 21 nyatanya harga tiket bioskop di Indonesia kerap berbeda. Satu-satunya kota di Indonesia yang menawarkan harga tiket bioskop termurah adalah kota Jember, harga tiket bioskop di hari biasa hanya Rp25.000 dan Rp30.000 di hari libur atau tanggal merah. Selanjutnya ada 10 kota lain yang memberikan harga tiket bioskop murah untuk penikmatnya, yaitu Rp25.000 di hari biasa dan Rp35.000 di Sabtu, Minggu dan tanggal merah.

Jember merupakan kota dengan harga tiket bioskop termurah se-Indonesia yakni Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp30.000 untuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Rata-rata harga tiket bioskop dari total 191 studio di Indonesia adalah Rp35.314 untuk hari Senin sampai Kamis, Rp41.518 untuk hari jumat dan Rp51.283 untuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Harga tiket bioskop di kota Jember adalah termurah se-Indonesia yakni Rp25.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp30.000 untuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Harga tiket bioskop di kota Banjarmasin dan Jayapura adalah yang termahal se-Indonesia yakni Rp50.000 untuk hari Senin sampai Kamis, Rp60.000 di hari Jumat dan Rp75.000 untuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah.

Tentang Studi:

Riset ini dikembangkan dengan menganalisa harga tiket bioskop untuk film terbaru (2D) yang ditayangkan serentak di 191 studio (46 kota) di Indonesia. Data tiket dikumpulkan melalui website resmi Cinema 21 pada 11 Juli 2019. Kota dengan harga tiket bioskop termurah dan termahal di rangking berdasarkan HTM paling murah untuk setiap kota dan kemudian membandingkannya dengan upah minimum di masing-masing daerah yang dikumpulkan oleh Tim Cuponation.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓