Desain Tas Belanja Penuh Makna, Mendengarkan Bumi Jadi Inspirasi Langit Diwangkara

Karla Farhana20 Sep 2019, 10:30 WIB
[Fimela] Sony Indonesia

Fimela.com, Jakarta “Sehari-hari kita menempati bumi dan memanfaatkan isi yang ada di bumi, namun, apakah kita pernah berpikir mengenai apa yang diinginkan bumi?"

 

Langit Diwangkara, seorang mahasiswa Universitas Gunadarma Jakarta mendesain tas belanja yang bisa digunakan kembali sambil membawa pesan dalam mengenai isu lingkungan dan bumi. Menurutnya, manusia sudah lama menempati bumi dan memanfaatkan isinya, namun tidak pernah 'mendengarkan' apa yang dibutuhkan dan diinginkan bumi. 

Ide ini pun kemudian menginspirasinya untuk mengikuti Sony Eco Shopping Bag Design Contest, sebagai inisiatif Sony secara global “One Blue Ocean Project” yang bertujuan untuk mengurangi polusi lautan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Langit pada awalnya tertarik untuk mengikuti kontes tersebut karena dia akan turut berperan dalam usaha melestarikan bumi. 

“Pada awalnya, saya tertarik dengan tema kompetisi ini karena dengan berpartisipasi, saya turut berperan dalam usaha melestarikan bumi. Semoga dengan digunakannya desain saya pada reusable shopping bag oleh Sony di semua Sony Center di Indonesia, saya bisa bantu menyampaikan pesan pelestarian bumi kepada masyarakat luas," jelasnya. 

Lagit juga berharap tas belanja tersebut nantinya akan digunakan sebagai alat berdiskusi dan berbagi informasi seputar pentingnya pelestarian bumi dan lingkungan. Selain itu, kesadaran akan peduli plastik perli dimulai dari diri sendiri dan dibagikan ke orang sekitar. 

 

Sementara itu, Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan perasaannya saat melihat banyak desain yang begitu kreatif setelah dikirimkan para generasi muda Indonesia dan ikut berpartisipasi dalam kontes ini. Dari 4 kriteria yang menjadi penilaian tim juri (desain, kualitas isi, kreativitas, dan nilai lingkungan), desain Lintang yang menggambarkan bumi dengan headphone Sony ini menjadi pemenangnya. 

" Kami ucapkan selamat kepada Langit Diwangkara, mahasiswa berusia 18 tahun yang mengirimkan desain yang secara keseluruhan mendapatkan nilai tertinggi. Pesan yang ingin disampaikan oleh Langit melalui hasil karyanya juga kami nilai sangat bagus untuk didengar oleh generasi muda Indonesia," katanya. 

Aksi Peduli Lingkungan

[Fimela] Sony Indonesia
Sony Indonesia mengumumkan Langit Diwangkara sebagai pemenang “Sony Eco Shopping Bag Design Contest.” | Fleishman Hillard

Selain itu, Sony Indonesia juga terlibat dari berbagai aktivitas membantu lingkungan. Seperti kampanye lingkungan Sony di Indonesia, seperti Sony Eco Shopping Bag Design Contest tadi, juga kontribusi terhadap One Blue Ocean Project. 

Menurut Kazuteru, Sony Indonesia berkomitmen untuk menyumbangkan sejumlah uang per desain yang lolos kriteria kepada World Wildilfe Fund (WWF) Indonesia, untuk program Plastic Free Ocean Network yang dijalankan WWF di berbagai kawasan pesisir Indonesia. 

"Program Sony, Eco Shopping Bag Contest dan One Blue Ocean Project beresonansi dengan visi dan misi WWF Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut Indonesia, dan semoga kolaborasi antara WWF dan Sony untuk menciptakan laut Indonesia kembali bersih dan sehat bisa terus berjalan,” ucap Ade Swargo Mulyo, Director of Partnership WWF Indonesia.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓