3 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Gatal pada Talas atau Taro

Febi Anindya Kirana19 Sep 2019, 14:15 WIB
talas taro

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mungkin sudah akrab dengan akar talas atau saat ini lebih sering disebut dengan taro. Ada banyak minuman atau makanan dengan rasa taro namun tak banyak yang tahu cara mengolah talas atau taro dalam bentuk aslinya.

Jika tidak diolah dengan tepat, talas atau taro ini bisa menimbulkan gatal pada mulut dan tangan, apalagi untuk mereka dengan kulit sensitif. Ini disebabkan oleh getah pada talas yang disebut kalsium oksalat sehingga menimbulkan efek gatal pada kulit.

Untuk menghilangkan rasa gatalnya, ada dua cara yang biasa dilakukan.

1. Dibalur garam

talas
Tips mengolah talas./Copyright shutterstock.com/g/WIRACHAIPHOTO

Jika ingin langsung mengolahnya setelah membeli, lumuri talas yang sudah dikupas dan dipotong-potong dengan garam, bisa juga menggunakan sedikit air dan rendam dalam air garam paling tidak 30 menit, lebih baik lagi jika dilakukan selama satu jam.

2. Dijemur

Dalam keadaan utuh, belum dikupas maupun dipotong, jemur talas di terik matahari untuk menghilangkan getahnya. Kandungan kalsium oksalat akan memudar atau menguap terkena panas.

3. Masak hingga matang

Setelah menjemur atau merendamnya dengan garam, pastikan mengolah talas hingga matang, entah menggunakan cara dikukus, dipanggang atau digoreng, pastikan matang sempurna untuk menghilangkan getahnya.

Nah, itu dia tiga cara paling efektif menghilangkan gatal pada akar talas atau taro. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓