5 Tips agar Tepung Panir Tidak Rontok saat Digoreng

Endah Wijayanti20 Sep 2019, 07:45 WIB
tips tepung panir

ringkasan

  • Ditepuk-tepuk sebelum Digoreng
  • Dilapisi dengan Kocokan Telur atau Adonan Tepung Cair
  • Saat Digoreng, Cukup Dibalik Satu Kali
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tepung panir bisa membuat aneka bahan dan olahan yang digoreng bisa lebih krispi. Hanya saja kadang permasalahan yang muncul saat menggoreng bahan dengan tepung panir adalah tepung panir tidak bisa menempel sempurna. Bahkan sering rontok saat digoreng.

Agar tepung panir tidak rontok saat digoreng, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada empat tips yang bisa kita coba supaya hasil gorengan bisa lebih sempurna dengan tepung panir yang tidak rontok semua.

1. Ditepuk-tepuk sebelum Digoreng

Bahan goreng dibalut dan dibaluri dengan tepung panir sampai rata. Pastikan permukaannya tertutup sempurna dengan tepung panir. Setelah itu tepuk-tepuk perlahan untuk memastikan tepung panir tidak terlalu banyak dan menumpuk pada bahan gorengan. Salah satu kunci memastikan tepung panir tidak rontok adalah perlu dibalurkan merata pada bahan gorengan.

2. Dilapisi dengan Kocokan Telur atau Adonan Tepung Cair

Supaya tepung panir bisa menempel sempurna pada bahan gorengan, lapisi bahan gorengan dengan kocokan telur. Bisa juga dilapisi denan adonan tepung cair. Jadi, bahan gorengan dicelupkan ke adonan tepung cair atau kocokan telur terlebih dahulu, baru dibaluri dengan tepung panir. Setelah itu, bisa langsung digoreng.

3. Saat Digoreng, Cukup Dibalik Satu Kali

menggoreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/kazoka

Kalau terlalu sering dibalik dalam proses penggorengan, tepung panir akan mudah rontok. Dalam proses penggorengan, sebaiknya cukup dibalik satu kali saja. Begitu satu sisi sudah tampak matang dan kecokelatan, cukup dibalik satu kali saja.

4. Gunakan Banyak Minyak

Disarankan menggunakan banyak minyak dalam proses penggorengan. Jadi seluruh bahan gorengan terendam semua dalam prosesnya. Jika minyak yang digunakan terlalu sedikit, tepung panir akan mudah rontok saat digoreng.

5. Diamkan di Freezer selama Sekitar 30 Menit

Ketika bahan gorengan sudah dilapisi tepung panir, simpan di dalam freezer sekitar 30 menit. Dengan cara ini, tepung panir akan lebih merekat dan ketika digoreng tidak mudah rontok.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit memastikan tepung panir tidak gampang rontok saat digoreng. Semoga tips-tips di atas membantu, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓