Sukses

Lifestyle

Inspirasi 10 Makanan Enak yang Terbuat dari Singkong

Fimela.com, Jakarta Singkong menjadi bahan makanan yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Singkong mengandung berbagai nutrisi yang mengesankan buat kesehatan tubuh. Bahan makanan ini bahkan bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Ngomongin soal singkong, kali ini Fimela punya beberapa inspirasi makanan enak yang terbuat dari singkong. Tak hanya enak, makanan ini juga mengenyangkan dan sehat.

Apa saja makanan yang terbuat dari singkong?

Singkong Goreng hingga Tape Singkong

Singkong Goreng

Inspirasi makanan pertama yang terbuat dari singkong adalah singkong goreng. Agar singkong goreng lebih lezat dan empuk, rebus dulu singkong hingga empuk kemudian campur dengan bumbu lalu goreng dengan minyak panas hingga garing di bagian luarnya.

Jemblem atau Misro

Makanan selanjutnya yang terbuat dari singkong adalah jemblem. Jemblem merupakan singkong yang diparut halus kemudian dibentuk bulat dan diisi gula merah kemudian digoreng dengan minyak panas.

Combro

Combro adalah makanan khas Jawa Barat. Combro mirip dengan jemblem namun memiliki isian oncom yang gurih. Combro adalah singkatan dari oncom di jero atau oncom di dalamnya.

Lemet Singkong

Makanan selanjutnya adalah lemet singkong. Lemet singkong terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian dicampur bersama gula merah dan sedikit garam serta parutan kelapa kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Tampilan lemet mirip dengan nagasari.

Tape Singkong

Inspirasi makanan selanjutnya dari singkong ada tape singkong. Tape singkong adalah olahan singkong kukus yang difermentasi. Rasa tape singkong manis dan asam dengan tekstur yang lembut.

Sawut hingga Cenil

Kolak Singkong

Makanan selanjutnya yang terbuat dari singkong adalah kolak singkong. Kolak ini cara membuatnya mirip dengan pembuatan kolak tape, kolak nangka, kolak pisang dan kolak ubi jalar.

Sawut

Sawut merupakan makanan yang terbuat dari singkong parut. Sawut dimasak dengan cara dikukus bersama parutan kelapa dan gula merah atau sedikit garam. Sawut menjadi makanan dengan cita rasa dan tekstur khas yang menggugah selera.

Gatot

Gatot adalah makanan yang terbuat dari singkong. Mula-mula singkong dikupas kemudian dijemur hingga kering. Jika sudah kering singkong dicuci dan direndam selama beberapa hari. Rendaman singkong kering atau gaplek yang berwarna kehitaman kemudian dikukus dan disajikan bersama parutan kelapa.

Gethuk

Makanan selanjutnya ada gethuk. Ini merupakan singkong yang dimasak kukus bersama kelapa parut dan gula kemudian dihaluskan. Gethuk adalah makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cenil

Makanan dari singkong selanjutnya ada cenil. Cenil memiliki warna beraneka ragam dan disajikan bersama parutan kelapa serta saus gula merah.

Itulah beberapa inspirasi makanan enak yang terbuat dari singkong. Selain makanan di atas, ada lagi makanan yang juga terbuat dari singkong yakni rondo royal atau tape goreng, ongol-ongol atau sate pelangi, cemplon, dan mata sapi dengan isian pisang. Dari sekian banyak makanan yang ada, mana favoritmu?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading