Cara Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket

Mimi Rohmitriasih20 Sep 2019, 09:45 WIB
Telur rebus

Fimela.com, Jakarta Telur menjadi salah satu bahan makanan favorit semua orang. Selain rasanya yang enak, telur juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Telur bahkan menjadi bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin sebagai menu diet sehari-hari.

Aneka masakan lezat bisa dibuat dengan bahan dasar telur. Telur yang dimasak dengan cara direbus saja sudah mampu memberikan kelezatan mengesankan. Sayangnya, saat merebus telur kita sering mendapati telur rebus lengket dengan cangkangnya saat dikupas.

Agar telur rebus tidak lengket saat dikupas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengupas Telur Rebus

telur asin
Telur/Copyright shutterstock.com
  1. Saat memilih telur yang hendak di rebus, pilih telur yang usianya sudah agak lama. Telur yang masih baru sulit dikupas dan akan lengket dengan cangkangnya.
  2. Usahakan untuk merebus telur hingga air rebusan telur mendidih. Masukkan telur saat air masih dingin dan rebus telur di panci yang dibiarkan terbuka atau tanpa penutup.
  3. Setelah telur yang direbus matang atau air untuk merebus mendidih, langsung tempatkan telur di dalam air dingin atau air es. Merendam telur rebus di dalam air dingin bisa mempermudah kita mengupas telur dari cangkangnya.
  4. Kupas telur di bawah air mengalir. Cara ini juga memungkinkan kita dapatkan telur rebus yang mulus tanpa lengket di cangkang.
  5. Manfaatkan sendok untuk mengupas telur rebus. Kalau pun telur lengket, memanfaatkan sendok akan membuat bentuk telur tetap bulat mengikuti bentuk sendok.
  6. Remas-remas telur yang hendak dikupas. Meremas cangkang telur akan memudahkan kita mengupas telur tanpa membuatnya lengket.

Itulah cara untuk mengupas telur rebus agar tidak lengket. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓