4 Tips Cerdas Mengatur Dapur

Annissa Wulan22 Sep 2019, 15:00 WIB
lemari dapur

Fimela.com, Jakarta Dapur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang paling sering digunakan. Inilah pentingnya menjaga kondisi dan kebersihan dapur.

Kewalahan mengatur dapur? Dilansir dari purewow.com, Jumat (20/9/2019), berikut ini adalah beberapa tips cerdas mengatur dapur, penasaran?

1. Mengambil keuntungan dari ruang vertikal

Di dalam dapur, kamu memiliki banyak hal, seperti meja, lemari, peralatan, dan wastafel, namun bagaimana dengan area di atas atau di bawah semua barang tersebut? Ya, ada banyak ruang yang tidak digunakan.

Penyimpanan vertikal adalah kunci untuk memberi lebih banyak ruang agar barang-barang lebih mudah dijangkau. Daripada menempatkan semua barang berjajar dan menghabiskan lebih banyak ruang, mengapa tidak menumpuknya?

2. Letakkan berbagai barang berdasarkan kategorinya

Meminimalisir kekacauan bisa dimulai dengan menempatkan berbagai hal yang ada di dapur berdasarkan kategorinya. Misalnya, tempatkan bumbu dapur di laci bagian atas, sehingga kamu akan langsung di mana mencarinya ketika dibutuhkan.

 

3. Menyimpan barang sesuai frekuensi penggunaan

Ilustrasi dapur
Ilustrasi dapur. Sumber foto: unsplash.com/Aaron Huber.

Setiap rak yang ada di dalam dapur harus mengikuti aturan lampu merah, hijau, dan kuning. Aturlah rak bagian bawah untuk semua barang yang kamu gunakan sehari-hari, rak bagian tengah untuk yang jarang digunakan, sedangkan rak bagian atas khusus digunakan untuk barang- barang yang hanya sesekali saja digunakan.

4. Taruh bahan-bahan pokok di ruang terbuka

Seperti biji kopi tidak perlu kamu taruh di tempat yang sulit dijangkau, letakkan saja di tempat terbuka, karena selain menghemat ruang, bahan-bahan dapur biasanya layak dipajang. Masih bingung bagaimana cara merapikan area dapur?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓