Tips Jogging Aman di Pinggir Jalanan Perkotaan

fitriandiani21 Sep 2019, 11:00 WIB
Ilustrasi jogging

Fimela.com, Jakarta Tinggal di kota besar memang memudahkanmu untuk mendapat berbagai akses penting, mulai dari kesehatan sampai hiburan. Namun, tak jarang itu semua harus 'dibayar' dengan minimnya ruang publik terbuka, dalam hal ini khususnya untuk jogging.

Hal tersebut membuat orang-orang yang ingin jogging terpaksa memanfaatkan area yang ada dan mudah dijangkau, seperti misalnya, pinggir jalan raya. Itu pun dengan banyak catatan yang harus diperhatikan demi keamanan.

Jika kamu sering jogging di area jalan raya, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut ini, ya!

1. Pilih waktu

Waktu amat menentukan kenyamanan kamu jogging, lho. Disarankan untuk pilih pagi-pagi sekali sebelum rush hour, atau malam hari setelah jalanan mulai sepi. Selain untuk mendapatkan ruang gerak yang lebih leluasa, jogging di waktu tersebut juga meminimalisir kemungkinan menghirup polusi asap kendaraan.

2. Melawan arah

Ilustrasi jogging
Ilustrasi jogging. (Foto: pexels.com/Paul Sky)

Selalu pilih jalur lari melawan arus demi alasan keamanan. Dengan melawan arus, kamu bisa lebih mengantisipasi jarak dengan kendaraan yang lalu lalang di sekitarmu.

3. Gunakan baju cerah

Mungkin ini tidak terlalu sering diperhatikan, padahal sebenarnya penting. Sebisa mungkin pilih outfit lari dengan warna yang stand out agar keberadaanmu mudah dilihat sekitar, terutama para pengendara di jalan raya.

4. Kecilkan volume

Jogging dengan iringan musik dari headphone yang menempel di telinga memang menyenangkan, tapi tidak untuk berlari di jalanan perkotaan. Setidaknya, kecilkan volume musikmu karea kamu harus peka terhadap situasi sekitar selama berlari demi alasan keamanan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓