Susah Tidur? Coba Latihan Pernapasan Ini untuk Mengatasinya

Endah Wijayanti20 Sep 2019, 14:45 WIB
tidur saat haid

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami kesulitan untuk tidur malam? Badan sudah capek dan pikiran sudah lelah, tapi ketika berbaring di tempat tidur tak bisa segera memejamkan mata untuk tidur nyenyak. Kondisi ini jelas mengganggu karena akan memengaruhi kebugaran kita dan kondisi kesehatan kita.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur pada malam hari. Salah satunya adalah dengan latihan pernapasan. Dilansir dari helpguide.org, bernapas dari perut dan bukan dari dada bisa bantu mengaktifkan respons relaksasi dan menurunkan stres.

Bagaimana cara melakukannyaa? Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba.

Posisi Berbaring

Baringkan tubuh senyaman mungkin. Lalu, tutup mata. Letakkan satu tangan di dada, dan satunya di perut. Kondisikan berada dalam kamar dengan suhu yang cukup hangat.

Bernapas dengan Perut

Tarik napas melalui hidung. Di sini, posisi tangan di perut seharusnya naik. Sementara posisi tangan di dada bergerak sedikit.

 

 

Hembuskan melalui Mulut

Zodiak tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setelah menarik napas, hembuskan napas melalui mulut. Hembuskan sebanyak mungkin udara sembari otot-otot perut berkontraksi. Tangan di perut akan bergerak tertekan ke dalam saat napas dihembuskan. Sedangkan tangan satunya bergerak sedikit.

Lakukan Perlahan

Ulangi beberapa kali menarik napas dari hidung dan menghembuskannya lewat mulut. Perhatikan otot tubuh bergerak naik turun. Lakukan perlahan-lahan sampai tubuh terasa lebih nyaman.

Rileskan Bagian-Bagian Tubuh yang Tegang

Saat melakukan latihan pernapasan, fokuskan pikiran pada bagian-bagian tubuh yang mungkin tegang atau stres. Rilekskan otot-otot tubuh supaya bisa lebih nyaman. Begitu sudah rileks, kita akan lebih mudah untuk tidur nyenyak.

Penyebab kita sulit tidur bisa dikarenakan pikiran yang tidak tenang. Latihan pernapasan bisa dicoba untuk membantu kita lebih rileks sehingga bisa mengoptimalkan waktu tidur dengan lebih baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓