Orang yang Dekat dengan Keluarganya Berpotensi Hidup Panjang Umur!

Febi Anindya Kirana21 Sep 2019, 10:17 WIB
keluarga

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita take it for granted dengan adanya keluarga. Kita menganggap hidup dengan keluarga sudah menjadi hal sewajarnya terjadi, tanpa memikirkan bahwa mereka memiliki andil sangat besar dalam kehidupan, salah satunya menentukan seberapa panjang umur hidup kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, San Diego School of Medicine dan dimuat dalam jurnal International Psychogeriatrics, menemukan bahwa ada beberapa faktor yang bisa menentukan harapan hidup atau panjang usia seseorang, dan salah satunya adalah kedekatan dengan keluarga.

Kedekatan Keluarga = Hidup Panjang Umur

keluarga
copyright Shutterstock

Peneliti menyatakan bahwa mereka yang hidup di dalam masyarakat di mana orang tua dihormati dan dikelilingi oleh saudara-saudara yang akrab dan memiliki ikatan keluarga yang kuat cenderung hidup lebih lama.

Hasil penelitian ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan, karena secara alami dukungan moral dan emosional merupakan bagian penting yang selama ini justru membuat seseorang sehat secara mental dan bertahan hidup lebih baik bahkan ketika mengalami sakit fisik.

Jadi, bersyukurlah jika kamu punya ikatan yang kuat di dalam keluargamu, Sahabat Fimela. Ini tandanya kamu bisa hidup panjang umur.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓