Mengenal 5 Kuliner Khas Suku Baduy yang Enak

Mimi Rohmitriasih20 Sep 2019, 14:20 WIB
otak-otak

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin sering mendengar tentang Suku Baduy/Badui. Suku Baduy adalah kelompok etnis masyarakat adat suku Banten di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka cukup sedikit yakni kurang lebih 26.000 dan memilih mengisolasikan diri dari dunia luar.

Meski mengisolasikan diri dari dunia luar, masyarakat Baduy umumnya adalah masyarakat yang ramah. Mereka memiliki budaya dan kuliner yang khas serta mengesankan. Sama seperti kuliner khas daerah pada umumnya, kuliner khas Suku Baduy juga memiliki cita rasa unik dan enak.

Berikut beberapa kuliner khas Suku Baduy.

Kuliner Suku Baduy

Apem
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Nur Wachit Novianto

Apem Putih

Kuliner pertama ada apem putih. Kuliner ini terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama tape fermentasi dan bahan lainnya. Apem khas suku Baduy biasanya disajikan bersama saus gula merah untuk mendapatkan cita rasa yang lebih manis.

Jojorong

Kuliner selanjutnya ada jojorong. Kue jojorong terbuat dari tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Rasa kue ini sangat khas dan cocok disajikan bersama segelas teh atau kppi panas. Jojorong juga menjadi kuliner khas Banten.

Pasung Merah

Pasung merah adalah kuliner yang memiliki cita rasa nikmat. Pasung merah bisa ditemukan dengan mudah di Pandeglang, Lebak, Serang dan Cilegon. Ciri khas dari kuliner ini adalah wadahnya yang berbentuk kerucut terbuat dari daun pisang atau daun nangka.

Otak-otak Labuan

Masyarakat Baduy juga memiliki kuliner khas yang super nikmat. Kuliner tersebut adalah otak-otak labuan. Otak-otak terbuat dari daging ikan tengiri yang telah dihaluskan, tepung tapioka, bawang putih, merica, garam dan gula pasir. Otak-otak cocok disajikan bersama saus sambal atau saus tomat.

Kue Balok Menes

Kue ini terbuat dari singkong. Singkong utuh dikupas kemudian dicuci bersih dan dipotong kotak segi empat. Singkong yang telah dipotong kemudian dikukus hingga matang dan haluskan dengan cara ditumbuh atau digiling. Sajikan kue balok menes bersama serundeng dan bawang goreng.

Itulah beberapa kuliner khas Suku Baduy. Selain bisa ditemukan di masyarakat Suku Baduy, kuliner ini juga bisa ditemukan di Banten dan sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓