Tips Membuat Manisan Tomat Kering yang Tahan Lama

Endah Wijayanti20 Sep 2019, 17:18 WIB
cara membuat tomat kering

Fimela.com, Jakarta Punya stok buah tomat yang melimpah? Ketika tidak semua stok tomat habis diolah, biasanya tomat akan langsung dibuang begitu saja. Apalagi bila buah tomat tidak disimpan dengan baik, maka akan cepat busuk.

Salah satu cara untuk membuat tomat lebih tahan lama adalah dengan mengeringkannya. Tomat kering atau manisan tomat dengan rasa manis yang mirip kurma bisa langsung dikonsumsi sebagai kudapan, bisa juga dijadikan campuran salad atau sup. Untuk membuat tomat kering pun caranya cukup mudah.

Gunakan Tomat Berdaging Tebal

Disarankan untuk memilih dan menggunakan tomat yang masih segar dan berdaging tebal. Hindari menggunakan tomat yang sudah mulai lembek atau bahkan hampir busuk. Pilih yang permukaan kulitnya masih halus dan dagingnya kenyal.

Kupas Kulit Tomat

Ini bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Bila tak suka mengonsumsi kulit tomat, maka buah tomat perlu dikupas terlebih dahulu. Caranya bisa dengan cara manual mengupasnya menggunakan pisau. Bisa juga dengan membuat irisan melintang tipis pada permukaan kulit lalu merebusnya untuk memudahkan proses pengupasan. Setelah itu, tomat bisa dibelah jadi dua atau empat bagian.

Buang Bijinya

Buah tomat bisa dibuang bijinya. Lalu direndam dalam larutan air dan kapur sirih. Rendam selama sekitar 12 jam. Lalu bilas hingga bersih.

Direbus dengan Air Gula

Siapkan air, lalu masukkan gula pasir secukupnya. Tambahkan sejumput garam. Rebus tomat hingga air menyusut.

Jemur Tomat

Tomat kemudian bisa dijemur di bawah terik matahari langsung. Kita bisa juga menggunakan oven untuk mengeringkan atau memanggang tomat hingga kering. Tomat yang sudah kering bisa disimpan dalam wadah stoples bertutup rapat. 

Manisan tomat manis ini bisa dijadikan kudapan sehari-hari. Daripada stok buah tomat yang melimpah banyak yang terbuang sia-sia karena terburu busuk sebelum diolah, mending diolah jadi manisan tomat yang bisa lebih tahan lama.

 

#GrowFearless with FIMELA