Tips Mencegah Santan Tidak Pecah dengan Tepung Beras

Febi Anindya Kirana20 Sep 2019, 19:46 WIB
santan

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak makanan berkuah santan, memang diperlukan trik khusus agar masakan matang sempurna dan tidak gagal, salah satunya adalah memastikan santan tidak pecah. Terkadang ketika tidak diperhatikan besarnya suhu dan api, santan yang dimasak bisa pecah dan mengakibatkan penggumpalan pada kuah yang tak enak dilihat.

Salah satu cara mencegah santan tidak pecah adalah dengan menambahkan tepung beras. Caranya sederhana, cukup tambahkan 2 sendok makan tepung beras ke dalam santan cair hingga larut sempurna sebelum dituangkan ke dalam masakan.

Cara agar Santan Tidak Pecah

Santan Lebih Sehat dari Susu? Yuk, Cari Tahu Faktanya
Cari tahu fakta tentang santan dan susu yuk!

Fungsi tepung beras disini adalah memberi konsistensi pada santan sehingga lebih menyatu dengan makanan yang sedang dimasak dan menambah massa santan sehingga teksturnya tidak mudah pecah. Jika menggunakan santan instan, tak perlu diberi tepung beras lagi karena sudah ada tambahan pengemulsi yang menjaga tekstur santan tidak pecah. 

Jadi, jika tak ingin ribet mengecek dan mengaduk terus menerus santan ketika dimasak, jangan lupa tampahkan tepung beras.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓