Meski Tinggi Kolesterol, Ternyata Telur Tidak Menaikkan Kolesterol Jahat!

Febi Anindya Kirana23 Sep 2019, 14:13 WIB
telur ayam

Fimela.com, Jakarta Telur bukan hanya mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak, vitamin B dan mineral, tapi juga kalori dan kolesterol yang tinggi, terutama pada bagian kuning telur. Selama ini ada anggapan salah kalau telur bisa menaikkan kolesterol.

Sangat benar bahwa telur memiliki kadar kolesterol tinggi, satu butir telur rebus mengandung 212 mg kolesterol, berdasarkan SELF Nutrition Data. Namun penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients PubMed Central menyebutkan bahwa kolesterol telur memiliki pengaruh sangat sedikit terhadap kolesterol darah.

Telur Tidak Menaikkan Kolesterol Jahat

tips merebus telur
Tips merebus telur./Copyright shutterstock.com/g/Alexeysun

Kolestrol di dalam telur termasuk kolesterol baik yang tidak menaikkan risiko penyakit jantung atau menaikkan kadar koleterol jahat atau disebut LDL. Sebaliknya, penelitian lain yang diterbitkan dalam JAMA oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa konsumsi telur justru meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

Jadi, jangan salah paham dengan kandungan kolesterol tinggi pada telur rebus, karena ternyata kolesterolnya sangat sehat untuk tubuh, jadi tak perlu khawatir telur akan menaikkan kadar kolesterol jahat dan membuatmu beirisiko mengalami penyakit kardiovaskuler.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓