6 Jenis Makanan Ini yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Febi Anindya Kirana24 Sep 2019, 13:45 WIB
asam urat

Fimela.com, Jakarta Orang-orang yang memiliki asam urat memang pelru mengatr pola makan yang sehat. Diet menjdi bagian yang penting dilakukan jika tak ingin asam urat membuatnya kerepotan melakukan aktivitas. Ada banyak makanan yang perlu dihindari karena mengandung purin tinggi, namun ada juga makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari, seperti sekian jenis makanan ini.

1. Buah-buahan

Secara umum semua buah boleh dimakan, namun akan lebih baik jika memilih buah-buahan yang mengandung fruktosa rendah seperti jeruk, stroberi, kiwi, tomat, alpukat, apel, pepaya dan pisang. Buah ceri bahkan diketahui mampu mencegaha serangan asam urat.

2. Sayuran

sayuran
Photo by Iñigo De la Maza on Unsplash

Semua sayuran secara umum aman, mulai dari yang berdaun hijau seperti brokoli, sawi, dan kangkung, hingga yang tinggi karbohidrat seperti kentang. Sayuran seperti buncis, terong, kembang kol dan jamur yang tak memiliki rasa sangat baik dikonsumsi.

3. Biji-bijian utuh

Makanan seperti oats, beras merah, dan barley yang tinggi serat sangat baik memperbaiki gizi dan menjaga kadar purin dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan bisa dikonsumsi dalam porsi cukup seperti kacang tanah, almond, kedelai, dan bahkan olahan kedelai seperti tahu.

5. Minuman tertentu

[Fimela] Kopi
Kopi | unsplash.com/@nate_dumlao

Minuman seperti air putih, kopi, dan teh sangat dianjurkan untuk penderita asam urat karena tidak menaikkan purin. Jenis teh lain seperti teh lemon, jahe dan herbal lainnya juga bisa dikonsumsi.

6. Protein hewani tertentu

Makanan yang masuk ke dalam kelompok ini adalah telur ayam, daging ayam tanpa lemak, daging kalkun dan susu dalam bentuk yogurt. Susu boleh dikonsumsi namun akan lebih baik jika rendah lemak.

Itu dia sekian makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat sehingga bisa menjaga kadar sehatnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓