Sukses

Lifestyle

Tips Menyeduh Saffron untuk Diminum

Fimela.com, Jakarta Saffron diambil dari putik bunga crocs sativus. Bahan yang bisa digolongkan sebagai rempah ini asli dari Timur Tengah dan umumnya juga tumbuh di Eropa. Ada banyak khasiat yang dimiliki oleh saffron, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah depresi.

Kita juga bisa membuat minuman dari saffron. Dengan cara menyeduh yang tepat, kita bisa menikmati teh saffron yang sehat. Seperti apa cara menyeduhnya, simak caranya di sini.

1. Siapkan 3-5 Helai Saffron untuk 500 ml Air

Di pasaran kita bisa menemukan safron yang masih utuh dan saffron yang sudah dalam bentuk bubuk. Untuk membuah teh safron, gunakan saffron utuh. Saffron utuh diyakini memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan saffron bubuk. Untuk satu gelas atau 500 ml air, kita bisa menggunakan 3-5 helai saffron. Dalam sehari, maksimal konsumsi sebaiknya tidak lebih dari 10 helai. Berlebihan dalam mengonsumsinya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, muntah, dan mual.

2. Gunakan Air Hangat

Tidak perlu pakai air mendidih untuk menyeduh saffron. Malah lebih disarankan untuk menggunakan air hangat untuk menyeduh saffron agar kandungan nutrisinya terjaga.

3. Diamkan Sekitar 15 Menit

Air akan berubah warna menjadi kuning setelah saffron didiamkan selama sekitar 15 menit. Kita bisa mendiamkan hingga 30 menit untuk mendapatkan hasil teh saffron dengan warna yang lebih pekat.

Saffron juga dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan harga yang mahal. Bisa juga digunakan untuk pewarna makanan atau campuran kue. Bila kita memiliki penyakit atau masalah kesehatan, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh saffron.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading