4 Cara Membersihkan Cobek Batu dari Sisa Bumbu dan Sambal

Febi Anindya Kirana25 Sep 2019, 16:45 WIB
cobek sambal

ringkasan

  • Siram dengan air panas
  • Gunakan ampas kelapa
  • Manfaatkan air lemon
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak dan mengulek bumbu atau sambal menggunakan cobek, seringkali bumbu dan sambal tersisa di sela-sela cobek batu dan sulit dibersihkan. Jika tidak dicuci dengan bersih dari sisa bumbu dan sambal, alhasil cobek akan menimbulkan bau dan akan memengaruhi aroma atau rasa bumbu yang akan dimasak selanjutnya.

Nah, tak mau hal ini terjadi kan? Untuk membersihkan cobek batu dari sisa ulekan bumbu dan sambal, ini yang bisa dilakukan.

1. Sikat menggunakan sikat gigi

Ketika membersihkan cobek, gunakan sikat yang halus seperti sikat gigi untuk membersihkan sela-sela cobek dari bumbu. Campurkan sabun cuci piring dan ulangi beberapa kali hingga bersih.

2. Siram dan rendam air panas

cobek bumbu
ilustrasi cobek ulekan/copyright by Kerdkanno from Shutterstock

Menyiram dan merendam air panas akan membantu menghilangkan bau bumbu dari permukaan cobek dan memudahkan cobek dibersihkan.

3. Gunakan ampas kelapa

Jiak kebetulan punya ampas kelapa yang sudah diambil santannya, ambil sedikit untuk menggosokkannya pada cobek. Cara ini sangat membantu membersihkan sisa dan bau bumbu.

4. Air lemon atau jeruk nipis

Peras dan gosok jeruk nipis atau lemon pada permukaan cobek untuk menghilangkan bau bumbu, dilanjutkan menggosok dengan sikat agar sisa bumbu hilang.

Itu dia sekian cara membersihkan cobek dan ulekan dari sisa bumbu atau sambal yang menempel. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓