Sukses

Lifestyle

Tips Merebus Udang agar Tidak Hambar

Fimela.com, Jakarta Udang bisa diolah dengan aneka bumbu untuk dijadikan hidangan lezat. Kita bisa menggunakan berbagai macam bahan bumbu dan saus untuk membuat olahan udang. Tapi bila ingin yang simpel, direbus saja sudah cukup apalagi bila udang masih dalam keadaan masih segar.

Apakah udang tidak terasa hambar bila hanya direbus? Dengan teknik perebusan yang tepat, kita bisa membuat udang rebus yang rasanya tetap terjaga dengan cita rasa manis dan renyah yang khas. Untuk selengkapnya, langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Udang Direndam dengan Air Perasan Jeruk Nipis dan Garam

Udang segar perlu dicuci bersih dengan air mengalir. Bila menggunakan udang beku, sebaiknya diamkan dulu di suhu ruangan selama beberapa saat. Lalu, rendam udang dengan air perasan jeruk nipis atau air perasan jeruk lemon dan garam secukupnya. Dengan cara ini, bau amis udang bisa dihilangkan.

2. Air Dididihkan dengan Serai

Siapkan air untuk merebus udang. Tambahkan serai, garam, gula, dan merica secukupnya. Serai bisa digeprek lebih dahulu agar aromanya keluar. Untuk menonjolkan rasa udang yang manis, tak perlu menggunakan terlalu banyak bumbu. Kita juga bisa menambahkan jahe dan daun salam bila suka.

 

 

3. Rebus Selama 10 Menit

Proses perebusan udang tak perlu terlalu lama. Untuk ukuran udang yang kecil, mungkin hanya butuh 5 menit saja untuk direbus. Sedangkan bila udangnya besar-besar dan banyak, bisa direbus selama 10 menit. Jika direbus terlalu lama, nantinya daging udang malah akan terasa hambar. Saat bagian luar udang sudah berubah warna jadi agak kemerahan, kita bisa langsung mengangkatnya.

4. Bilas dengan Air Es

Siapkan satu baskom yang diisi dengan air dan es batu secukupnya. Udang yang baru matang dan selesai direbus bisa langsung dimasukkan dalam air es. Pembilasan dengan air es ini akan menghentikan panasnya dan membuat udang jadi terasa lebih segar saat disantap. Tapi bila ingin menikmati udang rebus yang hangat untuk langsung dicocol dengan saus atau sambal, langkah ini bisa kita lewati.

Tidak terlalu sulit kan caranya? Semoga tips ini bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading