Fimela Fest 2019: Hidup di Era Digital, Ini Pentingnya Mencintai Diri Sendiri agar Tidak Mudah Stres

Anisha Saktian Putri30 Sep 2019, 10:00 WIB
self-love

Fimela.com, Jakarta Di era digital seperti saat ini akses internet sangat mudah untuk didapatkan. Kemudahan tersebut pun tentu ada nilai positif dan negatifnya. Positifnya kita dapat dengan mudah mengakses internet, namun negatifnya kita justru akan mudah membandingkan diri dengan orang lain melalui media sosial. Mengeapa fenomena membandingkan diri ini dapat terjadi?

Hal ini dapat terjadi ketika kita melihat beragam akun media sosial orang lain di era digital. Bermacam-macam dampak dapat kita rasakan, ada yang mengaggumi kehidupan orang lain yang terlihat lebih indah, namun ada juga yang kemudian merasa kehidupannya jadi terasa kurang. Dari situlah, kita mulai membandingkan diri, seperti merasa kurasa cantik, kurang pintar, kurang kurus, hingga kurang kaya. 

Dengan dampak dan pemikiran yang negatif tersebut kepercayaan diri pun akan menurun, hingga kita tidak dapat mencintai diri sendiri. Padahal, ada banyak kelebihan di dalam diri kita yang melebihi orang lain, jika kita bersyukur dan mencintai diri sendiri.

 

 

Kelebihan mencintai diri sendiri

self love 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@soldiervip

Untuk itu, di era modern seperti saat ini, self love atau mencintai diri sendiri sangat dibutuhkan. Mengapa?

Mencintai diri sendiri mampu membat kita tampil percaya tidak peduli dengan perkataan orang lain yang negatif. Dengan kepercayaan diri tersebut, kita memiliki pikiran positif yang membawa kita tidak pesimis saat gagal.

Yang paling penting adalah tidak mudah sakit, karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Psychological Science dari University of Oxford dan University of Exeter menyebutkan bahwa mencintai diri sendiri memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh. Penelitian menemukan bahwa self-criticism atau suka mengkritik diri sendiri bisa merusak imunitas tubuh sehingga tubuh gampang sakit.

Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa aktivitas parasimpatis yang baik mampu menurunkan kadar kortisol, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga regulasi emosi yang baik. Sehingga orang memiliki fisik dan psikologi yang sehat. Tentu dengan pikiran dan tubuh sehat, menghindarkan diri kita dari stres.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya self love, sahabat Fimela yuk datang ke Fimela Fest 2019 pada 16-17 November 2019. Karena akan ada Andra Alodita seorang influnecer beauty, travel, hingga gaya hidup bersama dengan Tara de Thouars, psikolog  pemegang double degree lulusan BA in Psychology dari University of Queensland, Australia dan Sarjana psikologi dari Universitas Indonesia. Mereka akan mengupas tuntas seputar pentingnya self love.

Yuk langsung daftar di sini

 

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓