Cara Membuat Pempek Empuk tanpa Ikan

Endah Wijayanti06 Okt 2019, 12:15 WIB
pempek tanpa ikan

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat pempek yang lembut dan enak tapi tak punya bahan ikan? Tenang saja, ktia masih bisa membuat pempek yang gurih walaupun tak menggunakan ikan. Dengan takaran adonan dan bumbu yang pas, kita bisa membuat pempek yang lembut.

Tak ada ikan, kita bisa menggunakan telur untuk mendapatkan rasa gurih pada pempek. Selengkapnya, langsung saja ikuti keterangan lengkapnya di sini, ya.

Siapkan Adonan Biang dan Bahan Kering

Untuk adonan biang, kita bisa menggunakan:

  • 7 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 gelas air

Untuk bahan kering, siapkan:

  • 10 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur

Adonan Biang Dimasak dengan Api Kecil

Larutkan tepung terigu dalam air. Aduk rata dan pastikan adonan tidak menggumpal. Kemudian, siapkan panci anti lengket. Masak adonan biang dengan api yang sangat kecil, aduk terus dengan menggunakan garpu sampai warna adonan berubah jadi bening. Lalu, angkat dan dinginkan.

 

 

Adonan Tak Perlu Diremas

pempek
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Telur dikocok lepas. Kemudian, masukkan telur ke dalam adonan biang. Campur dan aduk rata dengan menggunakan tangan. Lalu, masukkan tepung tapioak. Aduk rata sampai adonan tidak menempel di tangan. Cukup diaduk saja, tak usah diremas atau diuleni terlalu keras. Sebab jika adonan diremas dan diuleni, nantinya pempek yang dihasilkan bisa keras.

Rebus Adonan yang Sudah Dibentuk sampai Terapung

Adonan bisa kita bentuk sesuai selera. Bisa dibentuk menjadi pempek lenjer atau pempek kapal selam sesuai keinginan kita. Siapkan panci berisi air lalu rebus air sampai mendidih. Setelah air mendidih, adonan pempek bisa dimasukkan. Rebus sampai pempek terapung. Angkat dan tiriskan.

Goreng Pempek dengan Api Sedang

Sebaiknya gunakan api sedang saja saat menggoreng pempek. Sebab bila minyak terlalu panas, nantinya pempek akan rentan meletus. Jadi, sebaiknya gunakan api sedang saja.

Pempek tanpa ikan yang lembut bisa dinikmati dengan cuko. Disiram dengan cuko, pempek hangat makin nikmat disantap. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Semoga berhasil, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓