Tidur Siang Sebanyak Inilah yang Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Febi Anindya Kirana06 Okt 2019, 11:14 WIB
tidur siang

Fimela.com, Jakarta Dikarenakan pekerjaan, sebagian besar orang tak akan punya waktu untuk tidur siang. Namun jika kebetulan punya kesempatan tidur siang, sebaiknya manfaatkan, Sahabat Fimela. Karena ternyata tidur siang memiliki manfaat terhadap kesehatan jantung.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart BMJ menyebutkan bahwa tidur siang erat hubungannya dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian yang mengumpulkan data dari 3 ribu orang rentang usia 35 hingga 70 tahun ini menemukan bahwa frekuensi tidur siang mampu menurunkan dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

 

Tidur Siang Sesekali Membuat Jantung Sehat

Manfaat tidur siang
Manfaat tidur siang (sumber: iStock)

Dalam penelitian tersebut disebutkan, satu atau dua kali tidur siang per minggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke hingga 48%. Sayangnya, efek sehat ini tidak berlaku jika terlalu sering tidur siang.

Tidur siang sebanyak 3 kali hingga setiap hari justru meningkatkan risiko kegemukan dan kecenderungan sering merokok sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi jika kebetulan weekend ada waktu luang untuk tidur siang, manfaatkan Sahabat Fimela, karena tidur siang sekali dua kali seminggu bisa menjaga kesehatan jantung.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓