Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!

Wuri Anggarini02 Okt 2019, 15:04 WIB
Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan rumah tangga, perempuan memang memegang peran ganda. Selain mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga, ibu juga membantu menyiapkan kebutuhan suami dan anak. Lebih jauh lagi, ada juga perempuan yang menjalani peran sebagai working mom sehingga kesibukan harian mereka semakin padat.

Melihat begitu beragamnya peran yang harus diemban ibu, lantas bagaimana sebenarnya kriteria yang tepat untuk menggambarkan “Ibu yang Suksess”? Sebenarnya jawabannya sederhana kok Sahabat Fimela, yakni ketika seorang ibu berhasil menyeimbangkan dengan baik segala jenis tanggung jawab.

Ada beragam contoh nyata definisi ibu suksess, Sahabat Fimela. Misalnya ketika ia sukses mengurus keluarga dengan baik, sukses menjalin interaksi dengan lingkungan sosial di sekitar rumah, hingga sukses dalam menekuni bidang karier atau pekerjaan yang disukai. Tentu saja untuk menjadi ibu suksess harus dilakukan dengan penuh perjuangan.  

Namun kamu tak perlu khawatir, coba terapkan beberapa tips untuk menyeimbangkan peran agar menjadi ibu suksess di bawah ini.

Berikan Reward untuk Diri Sendiri dengan Me Time

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Shutterstock

Sibuk mengurus keluarga, rumah, hingga pekerjaan seringnya bikin ibu nggak punya waktu buat dirinya sendiri. Tanpa disadari, kondisi ini bisa membuat kamu jadi stres sendiri. Biar nggak mengalami stres berkepanjangan yang mempengaruhi produktivitas keseharian, nggak ada salahnya kok menjadwalkan me time sebagai reward untuk diri sendiri.

Sisihkan waktu 1-2 jam untuk melakukan hal apapun yang kamu suka sendirian. Misalnya, jalan-jalan ke mall, memanjakan diri di salon, atau sekadar ngopi di kafe sambil menikmati suasana. Biarpun sederhana, tapi cara ini mampu menjadi recharge energi yang bikin kamu makin produktif.

Ciptakan Family Time yang Berkualitas

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Shutterstock

Bukan hanya me time yang diperlukan agar ibu tetap bahagia. Jangan lupa rencanakan family time yang berkualitas agar lebih dekat dengan keluarga. Jika kesibukan sehari-hari membuat komunikasi dengan keluarga jadi kurang maksimal, family time ini adalah momen yang tepat buat menggantikannya.

Kamu bisa bikin family time berkualitas lewat hal sederhana. Misalnya mengajak keluarga mengobrol setiap malam sebelum tidur, piknik ke taman, atau ajak mereka nonton film favorit saat weekend tiba. Selain bisa meningkatkan bonding, kehangatan bersama keluarga bisa bikin hati seorang ibu jadi lebih bahagia.

Jangan Ragu Meminta Bantuan

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Shutterstock

Seringnya dianggap sebagai super mom karena dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan sendirian, tapi bukan berarti kamu nggak bisa meminta bantuan. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pasangan saat pekerjaan serasa tidak ada habisnya. Bisa juga dengan menggunakan jasa asisten rumah tangga yang dapat meringankan beban kerja sehari-hari.

Meminta bantuan juga nggak hanya sebatas mengatur urusan rumah tangga kok. Saling berbagi dan sharing dengan ibu-ibu yang lain juga dapat membuat hati dan pikiran seorang ibu jadi lebih lega. Kamu pun bisa kembali percaya diri dan bahagia menjalankan berbagai kesibukan sehari-hari.

Mencari Kegiatan Lain yang Lebih Bermanfaat

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Shutterstock

Bagi yang memilih menjadi full time mom, tingkat kejenuhan terhadap rutinitas sehari-hari biasanya jauh lebih tinggi. Biarpun begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menjalani kegiatan lain. Banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan para full time mom di tengah kesibukannya sehari-hari. Misalnya dengan menjadi blogger, mengikuti kelas online, atau menjalankan bisnis online yang dapat menjadi penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah.

Kreasi di Dapur Sebagai Wujud Cinta untuk Keluarga

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Shutterstock

Salah satu sumber kebahagiaan seorang ibu adalah ketika melihat keluarga begitu lahap menyantap masakan yang dibuat. Jadi, jangan ragu untuk berkreasi di dapur untuk membuat masakan yang jadi favorit keluarga dengan bahan makanan dan cita rasa berkualitas terbaik. Seperti yang dihadirkan oleh Mie Sukses's Isi 2 mi instan dari Wings Food yang dilengkapi dengan bumbu yang pas untuk porsi mi isi 2.

Tips Seimbangkan Peran untuk Menjadi Ibu yang Suksess, Cobain Yuk!
©Instagram/miesuksessid

Dengan porsi yang lebih banyak, Mie Sukses's Isi 2 menjadi pilihan ibu sukses untuk berkreasi membuat menu baru saat quality time bersama keluarga atau teman. Ada beragam varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu KARI AYAM, AYAM BAWANG, AYAM KECAP, DAN MI GORENG AYAM KREMESS, yang membuat Mie Sukses's Isi 2 menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Menjadi Ibu yang sukses dan bahagia menjadi hak setiap perempuan. Dengan didukung oleh strategi yang cerdas seperti membuat variasi rutinitas, pergi ke luar rumah, melakukan hobi bersama keluarga, atau sekedar membuat kreasi hidangan untuk keluarga, para Ibu yang sukses akan menjadi lebih bahagia. Intip tips kreasi hidangan bersama Mie Sukses's Isi 2 lainnya melalui akun instagram @miesuksessid!