Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Mendapat Body Shaming di Tempat Kerja, Ini Cara Menghadapinya

ringkasan

  • Pertahankan diri sendiri
  • Bangga dengan tubuhmu
  • Ingatkan diri sendiri bahwa kamu pantas diterima

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan hal baru lagi jika perempuan sering mendapat body shaming di tempat kerja. Body shaming bisa dilakukan siapa saja, bukan hanya dari laki-laki, tapi juga dari sesama rekan kerja perempuan. Tak enak memang, apalagi masalah fisik yang sering dikomentari.

Meski sering terjadi, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya atau bahkan menganggapnya wajar. Hal ini perlu tindakan tegas, tapi semua itu harus dimulai dari diri sendiri. Ini yang bisa kamu lakukan.

1. Pertahankan diri sendiri

Harga dirimu pasti tersakiti kan? Tak masalah menunjukkan kalau kamu marah. Ungkapkan, tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membela dan mempertahankan diri sendiri. Caranya? Katakan bahwa apa yang mereka lakukan itu tak pantas, ungkapkan alasannya, dan katakan mengapa seharusnya mereka berkaca, menilai diri mereka sendiri, bukannya menilai orang lain.

 

2. Ingatkan diri sendiri bahwa kamu pantas diterima

Siapa yang akan menerimamu jika bukan dari diri sendiri? Belajar percaya diri, belajar yakin dengan kemmapuan diri sendiri, bahkan belajar cuek dengan apa kata orang. Tak peduli seberapa menakjubkan dirimu, orang akan selalu berkomentar. Jadi daripada tenggelam dalam komentar negatif, tunjukkan bahwa dirimu lebih dari apa yang mereka katakan.

3. Bangga dengan tubuhmu

Beberapa perempuan malu punya dada besar, padahal itu adalah aset yang berharga. Lihatlah keluar dan pelajari dari perempuan-perempuan yang menunjukkan body diversity, bahwa tak ada yang perlu membuatmu malu dengan tubuhmu sendiri. Kamu tak tahu betapa tubuhmu bisa melindungimu dari berbagai cuaca, atau bahkan benturan dari benda keras. So be proud of it, ladies!

4. Positive self-talk

Berlatihlah bicara secara positif terhadap diri sendiri. Bicara yang baik-baik saja pada diri sendiri memberikan banyak manfaat, mulai dari kadar stres rendah, mencegah depresi, merasa lebih ringan menjalani hidup hingga mencintai diri sendiri.

Jadi, daripada memikirkan body shaming yang dilakukan orang padamu, pikirkan dirimu sendiri dulu. Mengapa kamu harus mencintai dirimu sendiri dulu. Untuk lebih jelasnya, bisa datang juga ke Talkshow: “Jangan Lagi Anggap Wajar Body Shaming” with Wenny Dewanti & Tara de Thouars (psikolog) bersama Fimela. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading