Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Pengertian Vegan dan Vegetarian

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, gaya hidup sehat mulai digandrungi, terlihat dari maraknya restoran dengan label 'healthy food' yang kini mulai marak tersebar di wilayah ibu kota. Tak hanya itu saja, bahkan banyak orang yang mulai beralih menjadi seorang vegan ataupun vegetarian.

Keduanya memang terdengar serupa, bahkan banyak yang menyangka jika vegan adalah singkatan dari vegetarian. Namun faktanya, dua hal tersebut sangatlah berbeda. Agar tak salah kaprah, yuk simak apa arti sesungguhnya dari vegan dan vegetarian.

Arti vegetarian dan vegan

Vegetarian memiliki arti di mana orang tersebut hanya berhenti mengonsumsi daging. Sedangkan vegan adalah orang yang benar-benar tidak mengonsumsi semua produk hewani. Vegan lebih berkomitmen untuk benar-benar tidak mengonsumsi daging, produk olahan hewan mulai dari telur, keju, susu, dan lain sebagainya.

Awal mula tren vegan dan vegetarian

Seperti yang dilansir dari Health Line, sebenarnya tren ini bukanlah hal baru Sejak 700 SM, tren ini muncul dan bermula akibat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan sekaligus kebiasaan terhadap agama ataupun etnik tertentu yang memang dilarang untuk mengonsumsi daging. 

Jenis-jenis vegetarian:

  • Lacto ovo: Menghindari konsumsi semua jenis daging hewan namun masih menikmati susu dan telur.
  • Lacto vegetarian: Masih konsumsi daging dan telur namun menghindari produk olahan susu.
  • Ovo Vegetarian: Tidak mengonsumsi semua produk hewani kecuali telur. Ada juga semi vegetarian yaitu flexitarian dan pescatarian.

Gaya hidup vegertarian semakin digemari, apalagi di tahun 2016 kelompok Perlakuan Etis terhadap Hewan (PETA) gencar melakukan kampanye gaya hidup vegetarian. Hal ini membuat masyarakat mulai sadar terhadap perlindungan hewan dan mulai beralih ke gaya hidup vegan.

Manfaat menerapkan gaya hidup vegan & vegetarian

Menjadi vegan dan vegetarian memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi lebih sehat, maka tentunya kolesterol dalam darah, penyakit jantung, dan stroke juga akan menurun jika dibandingkan dengan orang-orang yang masih mengonsumsi daging secara aktif. Selain itu, berat badan juga akan lebih ideal.

Gaya hidup vegan di Fimela Fest 2019

Ingin tahu lebih banyak tentang gaya hidup vegan? Jangan lewatkan keseruan cooking demo dengat tema 'Simple Vegan Food' bersama komunitas Jakarta Vegan Guide di Fimela Fest 2019 pada tanggal 11 - 17 November 2019 mendatang. Daftarkan dirimu segera dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019 di sini!

  

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading