Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Cita Rasa Sambal Lebih 'Nendang'

ringkasan

  • Gunakan Terasi dari Udang Asli
  • Tambahkan Air Perasan Jeruk Purut
  • Bawang Putih Perlu Dipadukan dengan Bawang Merah

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang selalu butuh sambal untuk melengkapi makanan dan hidangan yang disantap? Bagi sebagian orang Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau makan tanpa sambal. Sambal di Indonesia pun ada banyak jenisnya. Ada sambal dengan bahan-bahan mentah, ada juga yang perlu dimasak terlebih dahulu.

Untuk membuat cita rasa sambal makin nendang, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja ikuti keterangannya di sini.

1. Daripada Blender, Gunakan Cobek

Untuk jenis sambal yang perlu dihaluskan, sebaiknya diulek dengan cobek. Tak perlu pakai blender untuk menghaluskannya. Dengan diulek, bahan-bahan untuk sambal bisa mengeluarkan aroma terbaiknya. Sedangkan kalau diblender, bahan-bahannya seakan dicacah kecil-kecil dan suhu panasnya bisa membuat aroma berkurang.

2. Gunakan Terasi dari Udang Asli

Untuk sambal yang membutuhkan terasi, pastikan terasi yang digunakan adalah yang terbuat dari udang asli. Kualitas terasi sangat memengaruhi kualitas dan cita rasa sambal yang kita buat. Terasi bisa dibakar terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke bahan lain agar rasanya lebih sedap.

 

 

3. Tambahkan Air Perasan Jeruk Purut

Bagi yang menyukai sensasi asam dan segar, bisa tambahkan air perasan jeruk purut pada sambal yang akan disantap. Rasa pedas berpadu dengan rasa asam segar dari air perasan jeruk purut dijamin akan makin menggugah selera.

4. Bawang Putih Perlu Dipadukan dengan Bawang Merah

Jika hanya menggunakan bawang putih saja untuk bahan sambal, maka rasanya akan kurang sedap. Selalu padukan bawang putih dengan bawang merah. Seperti pada sambal bawang, takaran bawang merah bisa dibuat sedikit lebih banyak daripada bawang putih.

Bagaimana? Tidak sulit kan untuk mengikuti tips-tips di atas? Atau mungkin punya tambahan tips lainnya untuk membuat sambal yang lebih enak?

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading